Usaha Kopi Herbal Dan Cara Meningkatkan Keuntungan

Cara Meningkatkan Keuntungan Usaha Kopi Herbal
Usaha Kopi Herbal Dan Cara Meningkatkan Keuntungan. Kopi Herbal Memiliki Peluang Usaha Yang Menjanjikan Keuntungan, setidaknya bagi para wirausahawan yang memiliki kecakapan untuk menangkap segala jenis komoditi sebagai prospek bisnis.


Kopi hingga saat ini merupakan minuman tradisional yang sangat digemari di seluruh penjuru dunia. MEDIA INFO kali ini akan membahas mengenai peluang usaha kopi herbal dan cara meningkatkan keuntungan.

Jenis minuman ini merupakan hidangan di segala jenis waktu dan aktivitas. Sebenarnya di masa lampau belum ada alasan ilmiah dan pasti mengapa kopi sangat digemari. Kebanyakan berpendapat bahwa kopi merupakan minuman penghangat, teman setia dalam bekerja, juga merupakan simbol pergaulan (selain rokok tentunya). Namun belakangan setelah melalui penelitian, kopi menjadi rekomendasi minuman banyak kalangan karena terdapat sejumlah kandungan yang berfungsi untuk tubuh, meskipun di sisi lain terdapat efek samping yang bisa jadi merugikan kesehatan. 



Nah, kopi saat ini tidak lagi hanya disajikan dalam bentuk larutan kopi murni dengan gula. Di sejumlah kafe, restoran, warung atau kedai, kopi ditawarkan dengan berbagai macam sajian, mulai dari kopi dengan kombinasi susu, campuran latte, ada juga dengan coklat. Yang paling baru adalah berupa herbal, yaitu kopi dengan campuran ramuan-ramuan tradisional seperti jahe atau lain-lainnya. Bagi mereka yang mulai mengerti bagaimana pola hidup sehat, kopi herbal menjadi salah satu sajian minuman favorit. 

Memang, dengan adanya kombinasi terbaru dalam wujud kopi herbal, para penggemar kopi dihadapkan dengan pilihan apakah tetap mengkonsumsi kopi murni yang mengandung kafein, atau mulai membiasakan diri dengan kopi herbal. Pada kenyataannya, kopi murni tradisional memang memiliki ciri khas tersendiri, karena terkesan elegan dan jantan. Tapi tidak berarti kopi herbal tidak memiliki kesan-kesan itu, apalagi kopi herbal lebih menyehatkan dan sangat berfungsi dalam banyak hal untuk metabolisme tubuh.Kopi herbal adalah kopi yang dicampur dengan ramuan rempah-rempah dan tanaman atau tumbuhan herbal. Manfaat dari kopi herbal yaitu memberikan rasa hangat bagi tubuh, mengurangi dan menghilangkan masuk angin, melancarkan peredaran darah, menambah stamina, mengatasi nyeri dan pegal linu, dan melancarkan pernapasan. 

Beberapa jenis herbal yang ada dalam kopi herbal antara lain yaitu :

Ginseng (panax)
Ginseng merupakan tanaman obat yang sudah digunakan oleh masyarakat Cina dan Korea selama ratusan tahun, karena memiliki khasiat dalam menambah stamina, melancarkan peredaran darah, mengurangi diabetes, menambah sistem imun, dan mengurangi lelah, dan membantu sistem pencernaan melalui polisakarida yang terdapat di umbinya.

Taurine
Taurine adalah sejenis asam organik yang berfungsi sebagai nutrisi untuk otak.

Jahe (Zingiber officinale)
Di Indonesia jahe merupakan rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai racikan dan bumbu makanan. Selain sebagai makanan, jahe juga dihidangkan dalam bentuk wedang jahe, bandrek, jamu. Tumbuhan yang satu ini tidak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga hampir seluruh dunia, karena khasiatnya dalam menghangatkan tubuh, melancarkan sistemp penecernaan, dan juga untuk wanita yang sedang hamil serta banyak lagi manfaat yang lain.

Kapulaga (Amomum cardamomum)
Tumbuhan ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat dalam dunia farmasi. Kapulaga memiliki banyak khasiat diantaranya mengatasi bau mulut, perut kembung atau mual-mual, perut kejang, sakit perut, dan bahkan juga bermanfaat mengurangi pengeroposan tulang.

Jintan Hitam / Habatussauda (Nigela sativa)
Jintan hitam memiliki khasiat dalam meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, membangun sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan proses pemulihan setelah sakit. 

Semua bahan kopi herbal dapat ditemukan di seluruh wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, selain sebagai konsumsi, kopi herbal juga memiliki peluang usaha dan potensi bisnis. Namun peluang usaha dan potensi bisnis kopi herbal ini bila tidak disertai dengan memperbanyak referensi dan pelatihan-pelatihan wirusaha, mulai dari peracikan komposisi bahan, proses pencampuran serta pengemasan, kopi herbal tidak akan memiliki prospek yang cerah, apalagi kopi merupakan minuman terkenal di seluruh dunia.

Tentu saja dalam implementasinya harus dipahami pula analisa biaya untuk bisnis kopi herbal, mulai dari modal bahan baku atau komoditi, proses pengelolaan pengemasan hingga pemasarannya. Dengan analisis pasar yang tepat, potensi keuntungan bisa jadi sangat besar bahkan akan membantu membuka lapangan pekerjaan baru dalam sektor industri kreatif. Selain itu, untuk proses pemasaran dapat pula dilakukan secara online melalui internet atau lebih dikenal dengan pemasaran online dan penjualan online. Hal ini merupakan bentuk dari pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup terutama peningkatan penghasilan dan kesejahteraan. Semoga saja peningkatan usaha ini dapat menjadi dasar pertimbangan banyak pihak untuk bersama-sama memanfaatkan sumber daya alam Indonesia untuk tujuan positif, bukan lagi dijadikan komoditi politik.


terinspirasi dari anneahhira.com
Next Post Previous Post
1 Comments
  • nuridin
    nuridin 7 Januari 2016 pukul 19.14

    kopi herbal skrg sudah banyak peminatnya,saya juga sering minum kopi herbal,mantaaap

    kopi herbal banyak manfaatnya

Add Comment
comment url