6 Cara Internet Marketing Yang Perlu Diperhatikan Untuk Mengembangkan Usaha

Cara internet marketing yang benar bisa meningkatkan peluang sukses anda menjalani usaha yang anda tekuni saat ini, misalnya anda punya usaha pakaian. Bukan hanya peluang usaha saja, tapi anda juga bisa membangun bisnis baru di internet. Benarkah ? Pertanyaan ini sudah sering muncul seiring dengan kehadiran internet.Internet telah menjadi media utama dalam melakukan pemasaran dan promosi sejak tahun 2000 dan trend ini akan terus berlanjut bahkan di tahun 2018 ini diperkirakan dunia pemasaran online akan didominasi oleh web mobile.

Trik Internet Marketing

Apa Itu Internet Marketing 


Persaingan pasar saat ini sangat tinggi, dan teknik penjualan produk tidak lagi bergantung kepada pemasaran langsung di mana penjual dan pelanggan saling bertemu, namun sudah menggunakan media online. Persaingan tersebut juga terjadi dalam dunia online. 

Kalau dulu orang berpromosi menggunakan iklan koran, iklan TV, di radio, spanduk, serta brosur sekarang tidak lagi harus seperti itu. Menggunakan internet untuk pemasaran bahkan lebih hemat waktu, dan lebih hemat biaya. Hal ini karena jangkauan internet lebih luas, dan waktunya tidak terbatas. 

Cara internet marketing yang benar akan sangat membantu promosi usaha dan produk anda agar produk anda menjangkau calon pelanggan. Bila anda menguasai internet marketing, anda tidak lagi hanya sekedar mempromosikan usaha dan jasa anda di dunia nyata. Selain anda mempromosikan usaha baju, anda juga bisa membangun bisnis online sendiri, bisnis digital milik anda sendiri. Tentunya bila anda sudah menerapkani trik-trik online marketing yang tepat. 

Internet marketing terdiri atas dua suku kata, yaitu internet dan marketing. Marketing berarti pemasaran, sementara internet adalah sarananya. 

Dalam arti bebas atau secara harfiah saja, Internet Marketing adalah sebuah cara atau upaya melakukan promosi, tapi juga memasarkan, dan menjual di internet. Tujuan akhirnya apa ? Ada tiga, yaitu mendapatkan pelanggan, produk terjual, dan usaha untung. Ada dua konsep yang perlu diperhatikan disini, yaitu cara mempromosikan, dan mendapatkan untung (sumber penghasilan). 

Bagaimana dengan marketing online ? Marketing online adalah sama saja dengan internet marketing, yang membedakan hanya suku katanya saja. 

Lalu apa itu digital marketing ?  Digital marketing adalah sama juga sih dengan internet marketing dan online marketing. Digital marketing, online marketing, internet marketing, adalah pemasaran digital. 

Apa Cara Internet Marketing Yang Tepat Untuk Mengembangkan Usaha di Internet ?


Agar sukses dalam membangun serta mengembangkan usaha maka kita harus tahu Cara Internet Marketing yang tepat. Internet adalah salah satu sarana yang paling jitu. Anda bisa mendapatkan pelanggan melalui internet. Hal ini hanya bisa terjadi jika anda sudah tahu strategi-strategi internet marketing. 

Beberapa kunci yang harus diketahui dalam pemasaran online, yaitu:
  1. Produk (Product)
  2. Layanan (Service)
  3. Strategi Promosi 
  4. Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan
  5. Belajar Internet Marketing
Apa hubungannya dengan usaha yang sedang anda jalani ? Berikut ini adalah penjelasannya. 


#1 Kuasai Produk (Product)

Dalam internet marketing, anda tentunya tidak asal saja memasarkan kalau tidak ada yang akan anda promosikan. Apa yang anda promosikan ? Produk. Apa produk jualan anda ? Apakah anda berjualan barang seperti pakaian, kuliner, handcraft ? Atau apakah anda menjual jasa, seperti jasa bikin website, jasa pangkas murah, jasa desain interior, jasa bikin logo ? Kalau anda berjualan produk, maka anda perlu memastikan seperti apa produk yang anda akan jual, bagaimana kualitas produk, keunikan dan kelebihan produk yang anda jual, harga yang anda tawarkan, serta ketersediaan barang. 


Kualitas Produk (Product Quality)

Anda harus memiliki barang yang berkualitas baik dan tentunya harus berani memberikan garansi terhadap barang tersebut. Bila berani memberikan garansi maka orang akan lebih percaya untuk membeli produk.


Produk Jualan Yang Unik (Unique Selling Product)

Produk yang dijual harus memiliki keunikan, kelebihan atau added value dibanding produk yang lain, sehingga Anda dapat memberikan alasan mengapa orang harus membeli produk anda. Jangan anda paksakan produk anda harus punya kelebihan dari yang lain, tapi uniklah secara natural. Gak mungkin juga kan kamu paksakan jual kue kebab yang ukurannya lebih besar dibandingkan kompetitor tapi dengan kemasan yang ukurannya sama kecilnya dengan pesaing. Itu sih bukan unik, tapi nyeleneh, hehe. 


Harga Yang Masuk Akal (Reasonable Price)

Produk harus mempunyai harga yang masuk akal, artinya harga yang Anda jual sesuai dengan nilai barang tersebut. Biasanya harga ditentukan oleh bahan/material, cara mendapatkan bahan, cara mengolahnya dan cara mengemasnya. Kalau anda jual kaos oblong dari bahan yang sama, konveksi yang sama, di kota yang sama, bahkan ukuran sama tapi dengan harga 2x lipat dari kompetitor, dapat dipastikan calon pelanggan anda akan lari dari anda karena anda tidak punya nilai lebih dan keunikan dari produk anda. 


Ketersediaan Barang (Availability of Goods)

Seandainya dalam beberapa pekan beberapa produk anda tergolong laku, dan dalam jangka waktu yang sama orang terus memesan tapi anda tidak punya stok, ada kemungkinan calon pelanggan membeli ke tempat lain yang stocknya tersedia. Jadi pastikan kalau anda punya stock yang siap jual. 

#2 Gunakan Layanan Pelanggan (Service)

Service atau servis adalah layanan terhadap produk tersebut, dan harus mempertimbangkan :

Menanggapi Pertanyaan Pelanggan Dengan Cepat (Quick Response)

Tentu sangat memakan biaya jika harus melayani calon pembeli satu persatu lewat telepon, untuk itu di website diperlukan fasilitas chatting online dan contact form bagi mereka yang ingin mengetahui lebih lanjut atau berniat mau membeli produk.


Gunakan Layanan Pengiriman (Delivery Service) Terbaik

Pastikan anda sudah memiliki fasilitas pengiriman, atau mitra jasa pengiriman sendiri yang terbaik dan terpercaya. Jangan sampai barang yang dikirim rusak apalagi hilang didalam perjalanan. Sekali mengecewakan calon pembeli, maka dengan sangat mudah mereka akan menyebarkannya lewat berbagai media online sehingga membuat nama jatuh.


Sediakan Opsi Cara Pembayaran (Payment System)

Berikan kemudahan kepada customer dengan menyediakan berbagai opsi membayar, misalnya dengan rekening bank, transfer ATM, online transfer menggunakan aplikasi, atau rekening bersama. 


Sediakan Fasilitas Layanan Pasca Jual (After Sales Service)

Cara internet marketing lainnya yang perlu diperhatikan dalam aspek layanan (service) adalah layanan purna jual (Service After Sale). Dengan memberikan layanan purna jual yang baik kepada para pelanggan Anda, anda akan semakin dengan pelanggan. Mereka akan semakin percaya bahwa usaha anda loyal pada pelanggan, bukan sekedar cari untung.

#3 Lakukan Strategi Promosi 

Promotion Strategy atau strategi bisnis, yaitu strategi yang kita pilih dalam memasarkan produk-produk, harus mempertimbangkan :

Menggunakan Website/Blog 

Website atau blog adalah salah satu media promosi dan penjualan yang paling efektif saat ini di internet, karena anda bisa mempromosikan, memasarkan, menjual produk anda kapan saja ke seluruh tempat di dunia (selama mereka terakses dengan internet). Membuat blog TLD sangat penting untuk mempromosikan produk karena tidak lagu mesti mengeluarkan biaya iklan atau promosi dan pemasaran door to door. 


Kuasai Search Engine Optimization

Jika seseorang ingin mencari atau bahkan membeli sesuatu maka mereka akan mencarinya di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, ataupun MSN. Oleh karena itu, anda perlu mengoptimasi website anda sehingga siapapun akan dengan mudah mencari konten jualan anda di halaman pertama search engine. 


Social Media Optimization

Optimalkan pemasaran anda melalui marketing di media sosial. Tentu saja anda harus menguasai cara-cara optimasi media sosial. Anda bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, atau Youtube. 


Affiliate Program 

Inilah salah satu alasan kenapa anda perlu belajar internet marketing.Program afiliasi belakangan ini sangat berkibar namanya di dunia bisnis digital. Anda bisa bekerja sama dengan orang lain agar mereka bisa memasarkan produk anda lewat affiliate program, tentu saja anda mesti kasih bonus kepada mereka. Selain itu, anda juga bisa menjadi affilater bagi perusahaan lain.

Itu makanya, seperti yang disinggung di atas, kalau anda menguasai trik-trik internet marketing yang benar anda bukan hanya bisa menjual produk. Tapi anda akan bisa membangun bisnis digital sendiri, dan dicari oleh perusahaan-perusahaan ternama sebagai internet marketer yang bisa menjalankan affiliate program. 


Beriklan

Anda bisa memperluas bisnis anda lewat tantangan beriklan. Misalnya dengan Google Adwords. Anda perlu memberikan kata kunci tertentu untuk diiklankan di Google menggunakan Google Adwords. Ini jelas akan membuat anda bisa bersaing dengan kompetitor anda yang sama-sama menggunakan website, tapi tidak memanfaatkan fasitlitas periklanan. 

#4 Jaga Hubungan Dengan Pelanggan


Maintaining Relationships atau menjaga hubungan, dalam bahasa lain yaitu layanan pasca jual, harus mempertimbangkan :

Member System 

Anda mesti punya data base pelanggan. Ini sangat penting dalam rangka menjaga komunikasi dan silaturhami anda dengan pelanggan. Selain itu, pelanggan akan merasa diperhatikan.

Email Marketing/ Newsletter 

Trik internet marketing menggunakan email marketing merupakan salah satu strategi ampuh untuk berpromosi. Tapi anda harus sudah punya database pelanggan sendiri. Jangan sampai pelanggan anda lari dari anda. 

Special Promo 

Tidak ada salahnya bila anda melakukan promosi-promosi khusus pada produk anda. Misalnya beli 2 dapat satu (hitungnya jadi 3 ya). Anda tidak mesti sering-sering melakukan promo. Tapi kalau anda melakukan promo diskon di event tertentu, sudah pasti calon pelanggan bahkan pelanggan anda mendekat ke usaha anda.

Reward Point

Hampir sama dengan special promo, trik internet marketing dengan Reward Poin ini akan tetap menjaga pelanggan anda loyal pada produk anda. Berikan reward kepada mereka bila mencapai poin pembelian tertentu. 

#5 Belajar Internet Marketing


Nah, sodara, itulah cara internet marketing yang perlu diperhatikan ketika anda menjalani bisnis anda. Kalau anda bingung dengan istilah-istilah tersebut, atau memang buta dengan penerapannya, anda bisa mencari lebih banyak referensi di internet. Anda bisa belajar digital marketing gratis dengan mendownload tutorial internet marketing.

Karena anda sedang berkecimpung dengan dunia online yang berpotensi mendapatkan keuntungan saat konsumen membeli produk anda secara online, maka anda juga sudah harus terlebih dahulu mempersiapkan rekening dan layanan internet marketing. Ini sangat berguna bagi pelanggan anda saat bertransaksi online, khususnya saat pelanggan anda melakukan pembayaran serta saat anda akan bayar belanja online ketika di toko online.

Tapi sangat disarankan agar anda belajar marketing online. Bila anda masih baru, anda bisa belajar digital marketing untuk pemula di tempat kursus. Dengan belajar internet marketing di tempat kursus, anda bisa mendapatkan tutorial internet marketing (internet marketing tutorial) yang lengkap dan mudah dipahami dengan bimbingan instruktur. 

Kursus Internet Marketing di Jakarta, Depok, Tangerang yang paling favorit dan tempat kursus yang paling diminati saat ini adalah di DUMET School.

Kursus Internet Marketing DUMET School akan membantu anda cara menjadi marketing online dari nol sampai bisa. Bukan tanpa alasan kenapa admin mengatakan demikian. DUMET School turut berkontribusi mencetak banyak ahli internet marketing Indonesia. Nah, tidak ada salahnya bila anda mencoba belajar marketing online. 

#6 Belajar Jadi Mandiri Melalui Referensi Seputar Enterpreneurship


Sebenarnya, inilah titik awal dari seorang pelaku usaha untuk bisa mengembangkan bisnis, yaitu belajar jadi mandiri. Ada banyak cara agar bisa jadi lebih mandiri dalam mengembangkan usaha, misalnya dengan memperbanyak referensi seputar bisnis lewat buku, forum diskusi, video pembelajaran, dan sebagainya. 

Baca Juga :

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url