5 Cara Membuat Blog Usaha dan Pemasaran Sendiri Dengan Mudah

Cara membuat blog untuk usaha dan pemasaran sendiri bisa anda lakukan dengan mudah khususnya berkaitan dengan usaha yang anda tekuni. Membuat blog untuk media promosi dan pemasaranpunya peran sangat penting khususnya dalam membantu usaha. Melalui blog atau website, peluang penjualan akan lebih besar karena calon pembeli tidak terbatas dari satu wilayah atau tempat saja (lokal), namun juga berpotensi ke pasar internasional. 



Cara Membuat Blog Usaha


Blog adalah sebuah jurnal atau mirip-mirip diary online (itu istilah yang mungkin lebih mendekati arti sebenarnya). Ia digunakan sebagai ringkasan pendek dari web log yang berarti daftar tulisan-tulisan di Internet. Sebuah blog bisa terdiri dari berita, artikel, buku harian pribadi, jadwal kegiatan organisasi dan lain sebagainya.Bagi pemula kadang bingung untuk memulai blogging (termasuk saya) Semoga tips ini bisa membantu. Berikut adalah beberapa panduan cara membuat blog sendiri sebagai media promosi dan pemasaran produk usaha anda dari awal.

1) Memilih Niche Blog (Topik atau Tema Utama Blog)

Langkah-langkah belajar membuat blog usaha dan pemasaran sendiri adalah dengan milih topik atau tema blog. Carilah topik yang anda minati atau anda telah berpengalaman dengan sangat mendalam. Karena anda berhubungan dengan usaha dan produk yang anda tekuni, maka sebaiknya anda memilih tema produk, tema jasa yang berpotensi untuk meningkatkan usaha anda. Misalnya anda punya produk kuliner dari bahan dasar tepung, maka anda bisa memilih tema Aneka Resep Kue Berbahan Tepung. 

2) Memilih Platform Blog (Blog Gratis Atau Berbayar)

Ada banyak platform yang tersedia di internet bila anda ingin membuat blog sendiri dan jadi mandiri. Bisa membuat blog sendiri gratis, atau membuat blog profesional sendiri dengan berbayar. Tergantung anda. 


Membuat Blog Sendiri Gratis

Kalau anda ingin hemat atau tidak keluar biaya, anda bisa membuat blog sendiri gratis dengan Wordpress. Atau anda juga bisa membuat blog profesional gratis dengan Blogspot. Kedua jenis platform blog ini adalah yang paling mudah digunakan. Selain karena bersifat gratis, pengaturannya pun mudah cukup dengan drag and drop (pilih, geser dan pindahkan) maka anda sudah memiliki sebuah blog.


Membuat Blog Profesional Melalui Jasa Pembuatan Website

Kalau anda tidak mau repot, anda bisa menghubungi usaha jasa pembuatan website. Anda bisa memiliki website profesional tapi tentunya berbayar. Sekarang ada banyak pilihan jenis website yang bisa anda miliki, tergantung selera anda. 

3) Membuat Blog dan Membeli Domain


Berkaitan dengan poin 2, langkah berikutnya adalah membuat membeli domain. Biaya untuk membeli nama com adalah sekitar $ 7 – $ 10 tergantung pada pasar domain. Pilih dan belilah domain dengan nama yang sesuai dengan minat anda. Disini anda bisa jadi mandiri dalam menentukan domain apa yang sesuai dengan kebutuhan.


Membuat Blog Dengan Domain dan Hosting Gratis

Apa itu Blogspot.com atau Blogger.com ? Keduanya adalah satu nama atau satu tubuh tapi beda penyebutan. Kedua platform blog ini adalah milik Google.

Kalau anda ingin membuat nama domain sesuai dengan nama produk atau usaha anda, contohnya : http://usahakue.blogspot.com atau bila anda menggunakan Wordpress, anda bisa membuat domain sendiri misalnya http://usahakue.wordpres.com. 
  • "Http://" adalah protokol yang menghubungkan antar server dengan client agar konten blog anda bisa ditampilkan dan terbaca oleh web browser (misalnya di Mozilla, Google Chrome dsb)
  • "usahakue" adalah nama subdomain anda.
  • "blogspot" atau "wordpress" adalah domain anda. Disini domain utama masih blogspot.com atau wordpress.com. Artinya nama "usahakue" adalah milik anda tapi tuan rumahnya adalah "blogspot.com" atau "wordpress.com". 
  • dot com (.com) adalah ekstensi domain anda. Anda banyak ekstensi domain selain .com, misalnya .net, .id, .or.id, .org, dll.

Membuat Blog Sendiri Dengan Menyewa Domain dan Hosting

Tapi kalau anda ingin punya blog atau website sendiri, dengan nama sendiri, anda bisa membuat domain http://usahakue.com atau http://usahakue.net. Untuk itu anda harus menyewa domain .com atau .net ke penyedia jasa domain dan hosting. Misalnya Niagahoster, Histinger, Hostgator, dan masih banyak lagi. Harganya juga variatif. Kalau ingin blog anda lebih bersifat komersil, admin anjurkan menyewa esktensi .com saja.


Lau bagaimana supaya domain bisa dikustomisasi ? Anda harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan metode bayar domain menggunakan internet banking. Internet banking memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi, salah satunya yaitu untuk bayar belanja online

4) Kustomisasi Blog (Navigasi, Konten, Artikel, Widget, Template)

Kustomisasi blog artinya melakukan pengaturan blog atau web anda sehingga tampilannya memang menarik. Yang perlu dikustomisasi adalah :
  • Navigasi. Sebuah blog atau website yang baik adalah yang punya navigasi, sehingga memudahkan blog anda terbaca oleh search engine dan robotnya. Blog yang punya navigasi akan membuat robot mesin pencarian mudah membaca apa saja isi konten blog anda, keterkaitan antara satu artikel dengan artikel lainnya, mengidentifikasi semua link yang ada di dalam blog. 
  • Konten. Konten adalah isi, inti dari semua blog. Bisa berupa artikel, widget, banner/gambar, dan apa saja.
  • Widget. Widget ini adalah sejenis fitur yang bisa anda isi dengan apa saja, dan merupakan salah satu konten dalam web. Baik gambar, iklan, text, banner dsb. Tapi hati-hati, kebanyakan widget justru membuat bobot atau berat blog anda jadi lebih berat. Biasanya kalau sudah berat akan memperlambat loading blog ketika orang ingin membuka atau membaca artikel dan konten anda. Orang tidak suka berlama-lama menunggu. Kalau belum tertampilkan secara sempurna dalam waktu cepat, orang akan meninggalkan blog anda. 
  • Artikel. Apa yang ada dalam pikiran anda ? Produk ? Harga ? Bentuk usaha ? Anda bisa menuangkan apa saja yang ada dalam pikiran anda khususnya tentang bagaimana usaha anda dikenal orang dan bagaimana produk anda terjual dalam bentuk artikel. Anda bisa menyertakan gambar, harga dsb dalam artikel.
  • Template dan desain. Template adalah kerangka dasar blog atau website anda, isinya adalah kode-kode yang bisa mengatur tampilan, lebar, warna, garis, background, gambar yang ada di dalam blog anda. Untuk itu anda memerlukan orang yang mengerti. Anda bisa menemukan orang yang tepat di forum-forum blogger.

5) Mendaftarkan Blog Ke Webmaster

Kemudian pastikan Anda membuat konten yang relevan dengan blog Anda. Posting artikel yang berisi pengalaman dan minat anda secara berkala. Update atau posting secara berkala juga sangat baik bagi mesin pencari. Mesin pencari suka dengan yang fresh alias segar. Artikel atau conten yang segar tentu saja selalu berisi artikel-artikel yang baru. Seperti ikan dip pasar. Orang pasti lebih cenderung mencari dan membeli ikan yang segar dari pada yang sudah layu.


Submit Blog Ke Webmaster

Bila anda sudah punya blog, dan ingin agar blog anda dikenali oleh mesin pencari maka anda perlu mendaftarkan blog anda ke webmaster. Ini sangat penting karena bila anda tidak mendaftarkannya, robot-robot di semua mesin pencari ogah menampilkan blog anda di mesin pencarian. Anda bisa mendaftarkan blog anda misalnya ke :
  • Google Web Master 
  • Bing Webmaster
  • Yandex Webmaster
  • dan masih banyak lagi

6. Buat Konten Artikel Yang Menarik Dan Submit Ke Mesin Pencari

Konten adalah raja. Tanpa konten blog anda bukan apa-apa. Oleh karena itu, buatlah konten yang menarik. Isilah blog anda dengan artikel yang bertujuan untuk mengenalkan siapa anda, apa usaha anda, apa produk yang anda jual. 

Setiap selesai membuat artikel, segera daftarkan atau submit artikel anda ke Web Master, tempat dimana anda telah mendaftarkan alamat blog anda sebelumnya. Dengan demikian, mesin pencari akan segera membaca setiap konten terbaru sehingga menampilkannya di mesin pencarian. 


7. Manfaatkan Media Sosial

Facebook, Twitter, Instagram bukanlah barang baru sekarang. Media-media sosial terkenal di dunia itu juga bukan lagi sekedar chatting, tapi sudah dijadikan sebagai media promosi. Anda bisa membuat blog dan usaha anda dikenali orang dengan memanfaatkan media sosial. Baik dengan membagikan langsung link artikel anda, atau dengan cara membuat Group atau dengan cara membuat Fanspage Blog Usaha Di Facebook dan Group. 


8) Jadikan blog sebagai sumber penghasilan

Anda bisa menghasilkan uang dengan blog Anda dengan menambahkan beberapa link afiliasi dari program BPA, program pps. Atau Anda juga dapat mempromosikan sebuah ebook di blog Anda, bahkan produk-produk atau usaha yang sedang anda jalankan saat ini. Cara lain Anda dapat menghasilkan uang dari blog adalah dengan membuat sebuah halaman yang terdiri sebuah toko e-commerce. Banyak blogger menggunakan affiliate amazon dan memasukkannya dalam blog mereka. Ada juga yang menyediakan space iklan premium di blog mereka sehingga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk pasang iklan. Ini juga sumber penghasilan lewat blog. Tapi itu mungkin lebih kepada inisiatif lebih lanjut bila ingin mendapatkan sumber penghasilan sampingan, karena kembali ke topik yaitu bagaimana agar blog ini menjadi media anda untuk memperkenalkan usaha dan produk anda saat ini.

Menciptakan sebuah blog dari awal tidak sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas. Ini adalah langkah-langkah sederhana yang masih digunakan sampai hari ini yang membuat semua blogger sukses dalam blogging. Melalui media blogging diharapkan anda akan dapat memperoleh pasar yang lebih luas.

Tapi bila anda benar-benar kesulitan dalam membuat blog, anda bisa belajar cara membuat blog sendiri dengan ikut Website. Kursus Website Jakarta, Depok, Tangerang yang terkenal saat ini adalah Kursus Website DUMET School. Ada banyak keuntungan yang akan anda dapatkan bila anda belajar di sana, karena pembimbingnya akan membimbing anda membuat blog sendiri sampai tuntas tanpa perlu basic IT. Selain itu, anda juga bisa belajar pemasaran memanfaatkan blog di Kursus Internet Marketing DUMET School. Kursus Internet Marketing Jakarta, Depok, Tangerang ini akan membuat kamu menguasai trik-trik pemasaran dengan blog gratis. Belajar Internet Marketing di Kursus Internet Marketing DUMET School akan menjadikan anda seorang online marketer yang berhasil mengembangkan usaha dan produk sendiri. 

Nah, demikianlah panduan langkah-langkah cara membuat blog untuk usaha sendiri, semoga anda bisa meningkatkan dan mengembangkan wirausaha yang anda tekuni memanfaatkan blog dan teknologi.
Next Post Previous Post
10 Comments
  • Anonim
    Anonim 13 Februari 2016 pukul 01.31

    terma kasih atas informasi berguna ini. saya amat tertarik kerana bahasa yg digunakan amat mudah difahami pembaca terutama warga malaysia seperti saya. teruskan usaha kearah penambahbaikan penerangan.

  • cahaya islam
    cahaya islam 8 Februari 2018 pukul 10.09

    terimakasih atas informasi ini, sedikit banyak sangat bermanfaat bagi pemula yang ingin menggeluti dunia blogging,
    semoga blog http://mediainfomitra.blogspot.co.id lebih banyak di kenal dan memberi banyak ilmu bagi orang lain,

  • Unknown
    Unknown 10 Februari 2018 pukul 17.00

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

  • Romadon
    Romadon 1 Juni 2018 pukul 21.40

    Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
    My blog
    My Campus

  • Unknown
    Unknown 13 Agustus 2018 pukul 08.36

    Trimakasih masukanya,jadi saya bisa belajar sebagai bloger pemula.

  • cillamauren
    cillamauren 28 Oktober 2018 pukul 17.32

    c

  • Anonim
    Anonim 28 Oktober 2018 pukul 21.49

    Terima kasih

  • digital agency
    digital agency 23 Februari 2019 pukul 20.17

    main adsense merupakan satu alternatif mendatangkan uang dari internet

  • Unknown
    Unknown 31 Desember 2019 pukul 20.30

    Terimakasih atas ilmunya, semoga bermanfaat

  • Abdi.Essenzo
    Abdi.Essenzo 26 Februari 2020 pukul 22.34

    Terimakasih utk informasinya, admin. Sy tertarik membaca artikel anda ini. Mohon ijin bookmark, ya. Salam. Kiranya berkenan mengunjungi link ini semoga berkenan
    http://bit.ly/top_abdi

Add Comment
comment url