3 Motivasi Wirausaha Yang Membuat Kamu Perlu Buka Usaha Sendiri

Motivasi Wirausaha Untuk Buka Usaha Sendiri - Sektor wirausaha menjadi alternatif terakhir yang juga bisa dijadikan sumber utama pendapatan keluarga setelah gagal diterima kerja. Tapi apa sih motivasi wirausaha kamu sehingga yakin bisa sukes buka usaha sendiri ? 

Motivasi Membuka Usaha Sendiri


Motivasi Wirausaha Untuk Sukses Dalam Bisnis

Buka usaha sendiri itu sangat bagus lho, sob. Tapi kalau tidak punya motivasi wirausaha yang jelas, bisa-bisa kamu bakal ragu dengan prospek usahamu sendiri. Misalnya ketika menjalani usaha kedai kopi.

Ada banyak alasan mengapa kita harus berwiraswasta. Di balik kesusahan dan tantangan yang berat ada sesuatu yang besar bisa dicapai. Sektor wiraswasta dari kalangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) terbukti menjadi bidang usaha yang tahan terhadap deraan krisis keuangan global. 

Di saat perusahaan-perusahaan besar mengencangkan ikat pinggang dan PHK massal demi efisiensi, sektor UKM dan Wirausaha justru berkembang. Mantan Karyawan perusahaan yang terkena PHK justru beramai-ramai membuka usaha baru. Apalagi dengan ditambah sedikit pengetahuan mengenai dunia blog, bila ini dikembangkan akan menjadi sebuah mata rantai yang saling mendukung. 

#1 Motivasi Akan Kebebasan Finansial

Menjadi pegawai baik itu pegawai swasta atau Pegawai Negeri memiliki batas maksimal gaji/upah. Misal pegawai negeri dengan golongan tertinggi ada aturan-aturan gaji pokok dan beberapa tunjangan dan fasilitasnya. Meskipun seorang pegawai dapat menghasilkan laba milyaran rupiah bagi suatu perusahaan, kenaikan gajinya tidak akan sebanding dengan kenaikan laba perusahaan yang diperoleh. 

Selain itu kenaikan gaji terkadang tidak bisa mengimbangi kenaikan harga-harga kebutuhan hidup yang makin meningkat pesat. Di sisi lain, meski kita memiliki prestasi yang baik jika pendidikan kita tidak cukup tinggi maka akan sulit untuk mendapatkan gaji yang tinggi. 

Seorang wirausahawan bisa menentukan besarnya finansial yang sampai secara tak terbatas. Banyak orang bekerja pada orang lain hanya sebagai loncatan untuk mencari modal usaha dan modal relasi. Meski telah mendapatkan fasilitas yang bagus di perusahaan tidak jarang seorang dengan jiwa wiraswasta  keluar dan mengembangkan usaha sendiri dengan modal pengalaman bekerja.

#2 Motivasi Memperoleh Kenyamanan Waktu

Dengan mempunyai usaha sendiri, seorang wirausaha akan mempunyai jam kerja yang bebas, tidak terikat jam kantor , serta bebas dari pelanggaran disiplin kantor.Jika bisnis yang dijalankan sudah berjalan dengan baik tidak perlu setiap hari kita pergi ke kantor karena bisa didelegasikan kepada orang lain. waktu bisa dibagi untuk kegiatan bisnis yang lain atau aktifitas lain. 

Meski wirausaha memerlukan disiplin yang tinggi tetapi dengan memiliki usaha sendiri kita bisa mengatur waktu semau kita sendiri tanpa diatur oleh orang lain. Dari segi waktu wiraswasta membuat kita merdeka dari segi waktu.

#3 Motivasi Akan Tercapainya Cita-Cita Hidup

Banyak orang yang memiliki cita-cita dan harapan hidup memberi banyak manfaat bagi banyak orang dan hidup sejahtera dari segi finansial. Menjadi wiraswasta akan memberi peluang orang lain mengembangkan usaha juga, paling tidak memberi peluang orang lain mendapatkan penghidupan dari usaha yang kita jalankan dengan menjadi karyawan.

Dalam berwirausaha yang paling perlu perlu dikembangkan adalah motif berprestasi, kesuksesan dalam berwirausaha adalah prestasi yang ditentukan oleh diri sendiri bukan ditentukan orang lain . Motif ini mestinya menjadi filosofi dasar seorang enterpreneur.

Hal kedua adalah semangat berkompetisi secara sehat, bisnis adalah persaingan menjadi yang terbaik. Persaingan yang ketat memerlukan kemauan dan tekad keras,serta kesanggupan berpacu dengan keunggulan. Motif berafiliasi juga perlu perlu diperhatikan karena karena wirausaha harus pandai pandai meningkatkan meningkatkan kemampuan manajerial yang mampu menggerakkan orang lain dengan sebaik-baiknya yang dilakukan dengan menjalin hubungan antar sesama yang baik.

Oya, ada hal lain yang juga bisa anda pertimbangkan sebagai menambah motivasi anda dalam berwirausaha. Apakah anda punya skill atau keterampilan ? Kalau anda punya skill, maka ini juga bisa untuk anda jadikan motivasi dalam beriwarusaha. Karena kalau punya keterampilan, anda akan cukup pede menjalani usaha anda. Misalnya dengan mengikuti pelatihan usaha warung kopi dan barista pemula.

Wujudkan Motivasi Wirausaha Dengan Menerapkan Trik Digital Marketing

Tapi bagaimana bila anda belum punya skill ? Anda tidak perlu khawatir. Anda masih bisa menambah skill yaitu lewat kursus keahlian. Misalnya Kursus Internet Marketing Jakarta, Depok, Tangerang. Kursus internet marketing akan membantu anda menguasai trik-trik pemasaran efektif di internet. Anda bisa mencoba Kursus Internet Marketing DUMET School.

Apakah cukup dengan menguasai internet marketing ? Bisa jadi cukup, boleh jadi juga tidak cukup. Tergantung anda sendiri. Kalau anda merasa perlu, anda juga bisa membuat website sendiri untuk membantu promosi usaha anda. Caranya adalah dengan ikut Kursus Website Jakarta, Depok, Tangerang. Tempat terbaik untuk belajar membuat website di Jakarta, Depok, Tangerang adalah Kursus Website DUMET School. Dengan belajar website, anda akan bisa membuat toko online sendiri. 

Baca Juga :

Ikut Pelatihan UMKM Untuk Mengembangkan Usaha Sendiri

Sebagai informasi tambahan, agar lebih mampu mengembangkan usaha sendiri ada sejumlah hal yang perlu dilakukan sebagai bekal. Misalnya ikut pelatihan

Tujuan dan manfaat pelatihan sangat banyak, sehingga para usahawan baru perlu mengikuti salah satunya. Misalnya pelatihan UMKM dan UKM. Ada banyak tempat untuk mengiktui pelatihan UMKM. Namun untuk menentukan lembaga pelatihan yang tepat tentunya harus senantiasa rajin mengakses info Bimtek terbaru. Contohnya saja Pusdiklat Pemendagri yang cukup diminati saat ini. Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri akan memberikan gambaran terkait pelaksanaan pelatihan, mulai dari info lokasi Bimtek, jadwal pelatihan, hingga materi Diklat. 


Nah, sob itulah beberapa Motivasi Wirausaha Buat Meningkatkan Ekonomi Keluarga yang bisa kamu jadikan pegangan supaya sukses buka usaha sendiri. 
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Nufik Cerhiaa
    Nufik Cerhiaa 15 Mei 2014 pukul 07.31

    Nice post gan, trimakasih sangat bermanfaat
    di tunggu kunbalnya ya gan

  • Jenis-Jenis Helm
    Jenis-Jenis Helm 14 April 2016 pukul 15.38

    Wirausaha merupakan jenis usaha yang paling tepat untuk anda yang ingin mandiri dan bosan menjadi pegawai orang lain.. terima kasih atas informasinya

Add Comment
comment url