PNPM Mandiri Papua Butuh 900 Tenaga Pendamping

PNPM Mandiri
PNPM Mandiri Papua Butuh 900 Tenaga Pendamping. Informasi dari Jayapura, Provinsi Papua membutuhkan 900 tenaga pendamping untuk menjalankan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Rencana Strategis Pembangunan Kampung (Respek) di wilayah tersebut.


"Dari 388 distrik (kecamatan) yang ada di Papua, harusnya terisi 900 lebih tenaga pendamping PNPM Mandiri-Respek, tetapi yang baru terisi untuk pendamping pemberdayaan baru 160 orang sedangkan pendamping teknik baru 200 orang," kata Koordinator Provinsi PNPM Mandiri-Respek Papua Susiyanto di Jayapura, Papua, Kamis (26/07).

Ia menjelaskan, untuk mengisi kekurangan tenaga pendamping PNPM Mandiri-Respek tersebut, pihaknya telah membuka lowongan pekerjaan dan merekrut tenaga teknik, akan tetapi animo warga Papua masih kurang.

"Kekosongan itulah maka kita merekrut tenaga teknik, sebelumnya kita telah membuka pendaftar reguler untuk S1 dan yang mendaftar ada 60 orang, tetapi yang mendaftar ulang hanya 40 orang kemudian yang lolos 37 orang," katanya.

Saat ini, pihaknya sedang menunggu dana dari pusat untuk pelatihan pratugas para tenaga pendamping yang lolos seleksi dan kemungkinan kegiatan itu akan diselenggarakan setelah Lebaran mendatang.

Terkait dengan kekosongan dan sulitnya mendapatkan pendamping tenaga teknik, pihaknya mendapatkan bantuan dari USAID melalui Lembaga Bhakti untuk mendidik anak-anak lulusan SMK dan SMU, Jurusan IPA selama enam bulan.

"Yang kami harapkan dalam waktu enam bulan setelah melalui pelatihan, para tenaga teknik lulusan SMK dan SMU Jurusan IPA sudah mampu melakukan pendampingan dan mendesain program infrastruktur di kampung yang dibutuhkan masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, pendaftaran untuk posisi itu sudah mulai sejak beberapa waktu dan ditutup pada Rabu (25/7). Ia berharap, September 2012 pelatihan terhadap mereka sudah berjalan, sedangkan tenaga yang akan direkrut sebanyak 300 orang. Sebanyak 200 orang di antaranya untuk penempatan di Papua dan 100 orang lainnya untuk penempatan Papua Barat.

"Dengan adanya penerimaan dan pelatihan ini berharap bisa memenuhi kekosongan yang selama ini terjadi dan tidak lagi menjadi suatu hambatan," katanya.
Informasi yang didapatkan ANTARA Jayapura, saat ini PNPM Mandiri-Respek memiliki 360 tenaga pendamping. 



(sumber : Bisnis Indonesia).

Bagaimana dengan Bengkulu, apakah membutuhkan tenaga pendamping tambahan ...?
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url