Peluang Usaha Jamur Di Bengkulu

Posted By robenito on Kamis, 21 Maret 2013 | 13.24

Peluang Usaha Jamur di Bengkulu saat ini cukup besar. Jamur saat ini merupakan salah satu objek usaha potensial yang menjanjikan keuntungan bagi masyarakat yang memang ingin berwirausaha, mengingat semakin sempitnya lapangan kerja di Indonesia.


Usaha Kecil Pengembangan Jamur Bengkulu

Prospek Usaha Jamur


Sebagai salah satu tumbuhan dengan kadar protein tinggi, tentu saja jamur menjadi salah satu alternatif cadangan protein mengingat ketergantungan akan protein di Indonesia bersumber dari sumber alam laut seperti ikan, cumi-cumi, udang dan lain-lain, sementara tidak semua penduduk di Indonesia tinggal di daerah pesisir.Banyak variasi makanan yang dapat menjadi komoditi yang menjanjikan dari bahan jamur, antara lain  dihidangkan sebagai sup. Dapat pula menjadi makanan cemilan keripik jamur sehingga menjadi makanan khas.

Jamur merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan spora. Dengan adanya aplikasi kultur jaringan beberapa puluh tahun belakangan ini sebagai hasil penelitian laboratorium, tentunya semakin mempermudah kita untuk melakukan pengembangan. Saat ini proses pengembangbiakan jamur tidak hanya dilakukan oleh lembaga-lembaga penelitian dari kalangan akademisi maupun perusahaan-perusahaan besar yang memanfaatkan jamur sebagai objek dengan berbagai tujuan, bahkan seorang petani biasapun sudah mampu melakukan kultur jaringan dengan media sederhana tapi manfaat dan keuntungan yang luar biasa. Dengan media-media info maupun sarana-sarana pelatihan yang didapat, hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi mereka yang menjadikan jamur sebagai objek produksi dan komersil. Peluang usaha jamur bisa dilirik untuk alternatif usaha kecil.

Usaha Jamur di Bengkulu


Sebagai contoh adalah di Bengkulu, di mana pembudidayaan jamur mulai meningkat sejak 2 tahun terakhir. Beberapa tahun sebelumnya usaha jamur di daerah ini belum di lirik oleh banyak pihak, hanya dijadikan kegiatan iseng-iseng atau sampingan saja sebagai penyaluran hobi atau mengisi waktu. Namun dari yang semula hanya hobi dan mengisi waktu saja, sekarang menjadi mata pencaharian utama. Hal ini menjadi momen penting saat pemerintah mulai menjejali program-program di beberapa dinas dan instansi terkait dengan sejumlah pelatihan pembudidayaan. Dan hasilnya bisa dilihat dalam 2 tahun terakhir, di mana per lahan-lahan permintaan akan jamur semakin meningkat sehingga menyebabkan ketersediaannya pun tidak mampu memenuhi permintaan pasar.

Harga Pasaran Jamur


Memang secara detil para petani jamur belum bisa memastikan berapa harga yang pantas untuk jamur per kilogram, karena disesuaikan dengan pemasarannya dan pasar yang ada. Pada umumnya pemasarannya masih dari rumah ke rumah, ada juga yang dijual di pasar. Namun saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang mengajukan permintaan khusus untuk dijualkan di toko namun dengan nama produk yang tersendiri. Per Februari 2012 saja 1 kg jamur tiram dihargai Rp 15.000,- , dengan biaya produksi yang kecil (dengan kultur jaringan dan pengembangan spora sendiri tanpa melibatkan pihak lain). Sementara saat ini permintaan bukan hanya dari dalam kota tapi juga memenuhi permintaan dari luar kota. Dengan keadaan demikian, paling tidak peningkatan ekonomi masyarakat bisa terangkat.

Hanya saja, meskipun biaya produksi kecil (dengan catatan melakukan kultur sendiri), tidak semua petani memiliki modal dan fasilitas yang cukup untuk meningkatkan produksi jamur. Dan tidak semua pula petani jamur memiliki mitra usaha yang menjadi sponsor mereka. Hal ini dapat menyebabkan keterbatasan ketersediaan jamur khususnya jamur tiram di Kota Bengkulu, sehingga menyebabkan permintaan dialihkan ke daerah lain. Pada umumnya sponsor mitra petani jamur berasal dari instansi pemerintah (Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Koperasi dan UMKM) di mana para petani dibentuk menjadi satu kelompok (Gapoktan) dan dibina dengan melakukan pelatihan-pelatihan. Sementara yang menjadi permasalahan utama mereka adalah ketersediaan lahan, fasilitas pengembangbiakan (rumah jamur, media/preparat, alat-alat pemeliharaan, tungku dan tabung sterilisasi, bahan bakar dan media pemanas), serta modal untuk melakukan aktivitas di atas.

Tentu saja akan menjadi sebuah kabar yang menggembirakan apabila mereka mendapatkan sponsor yang dapat menjadi mitra usaha. Dan saat mereka berkembang dengan adanya peningkatan pendapatan yang signifikan, hal ini dapat membantu pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran, serta menambah lapangan pekerjaan baru. Hal ini akan menimbulkan dampak positif, terutama dari sisi bagaimana cara meningkatkan pendapatan dan perekonomian keluarga.

Prospek Pemasaran Jamur dan Cara Memasarkan Jamur


Untuk pemasaran, saat ini sebuah lembaga bernama Kanal MitraVisi yang bergerak di bidang UKM, Pemberdayaan Masyarakat dan Jasa Layanan sedang menjajaki untuk menjadi mitra, khususnya pemasaran ke luar Kota Bengkulu. Namun tentu saja akan menjadi kendala apabila ketersediaan stok tidak mencukupi. Oleh karena itu,  Kanal MitraVisi menawarkan kerja sama kepada lembaga-lembaga yang memiliki ketertarikan terhadap pengembangan jamur di Kota Bengkulu melalui media online Media Info  atau kontak Kanal MitraVisi melalui email.

Bagaimana Cara Melihat Peluang Usaha Jamur

Cara melihat dan memanfaatkan usaha jamur sebagai peluang usaha yang menggiurkan sendiri memerlukan trik-trik tertentu. Bukan hanya peluang usaha jamur saja, tapi semua jenis usaha perlu dianalisa bagaimana prospeknya, berapa biaya produksi yang harus dikeluarkan, berapa ongkos pengiriman yang harus dibayarkan dsb. 

:Lalu bagaimana caranya supaya anda bisa melihat prospek-prospek usaha dengan peluang usaha yang bagus ? Anda bisa bertanya tentang mengembangkan bisnis lewat teman. Anda juga bisa belajar digital marketing dan internet marketing di kursus. Di Jakarta, Depok, Tangerang sendiri tempat Kursus Internet Marketing DUMET School adalah salah satu yang cukup bagus untuk anda coba. Hal ini karena Kursus Internet Marketing Jakarta, Depok, Tangerang terfavorit ini akan membimbing anda belajar melihat peluang bisnis mulai dari nol sampai bisa. Coba saja. 
Blog, Updated at: 13.24

1 komentar:

  1. butuh bibit jamur tiram wilayah sumatra kami siap membantu http://www.khalisaagromushroom.com/.../09/13/bibit-f2-tiram/

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik.