Strategi Penjualan Yang Efektif Untuk Meningkatkan Usaha Kecil dan UMKM

Posted By robenito on Kamis, 07 November 2013 | 01.13

Di Indonesia berdasarkan database hingga tahun 2011, jumlah UKM tercatat mencapai 52 juta UKM. Akan tetapi perkembangan UKM masih terhambat oleh berbagai persoalan seperti modal, manajemen bisnis sampai strategi pemasaran. Khususnya untuk promosi dan pemasaran, strategi penjualan yang efektif sekarang bisa melalui internet. 

Strategi Penjualan Untuk Usaha Kecil

Strategi Penjualan Produk Usaha Kecil Yang Efektif 



Di Indonesia berdasarkan database hingga tahun 2011, jumlah UKM tercatat mencapai 52 juta UKM. Akan tetapi perkembangan UKM agar berkembang masih terhambat berbagai persoalan seperti modal, manajemen bisnis sampai strategi pemasaran.Padahal, khususnya soal pemasaran, dengan memanfaatkan internetpelaku UKM bisa lebih meningkatkan pemasarannya. Lalu, bagaimana caranya meningkatkan usaha kecil menengah melalui internet?



Sebelum mengetahui Cara Meningkatkan Usaha Kecil dan UKM dengan Manfaat Internet, ada hal yang tak kalah pentingnya untuk dibahas yaitu mengenai strategi pengembangan UKM. Ini penting, sebab tanpa strategi yang tepat, usaha kecil menengah akan sulit berkembang.




Segmentasi pasar



Dalam merancang suatu produk, UKM harus menjalankan segmentasi pasar. Cara ini yang juga dilakukan usaha-usaha besar dalam mempersiapkan produknya. Sebuah produk atau jasa, harus membidik pasar tertentu agar manfaat dari sebuah produk bisa maksimal dirasakan konsumen. Sebab, tiap market punya kebutuhan yang berbeda. Dengan melakukan segmentasi pasar,  usaha kecil menengah bisa lebih mengoptimalkan setiap produk yang dikeluarkannya.



Menjadi pemimpin pasar



Ini mungkin sering dilupakan oleh usaha kecil menengah. Yang penting penjualan lancar, rasanya sudah cukup. Padahal, untuk melakukan lompatan yang lebih besar, UKM harus bekerja lebih keras agar bisa menjadi pemimpin pasar. Terlena dengan kenyamanan yang sudah dirasakan bisa menjadi blunder besar bagi sebuah usaha. Sebab situasi bisnis tidak berhenti berubah.



Kerjasama antar usaha kecil menengah 



Melakukan kerjasama dengan sesama pelaku usaha kecil menengah perlu juga dilakukan agar bisa saling memperkuat usaha. Misalnya bisa dibuat paket promosi bersama yang bisa saling menguntungkan kedua UKM.



Memanfaatkan Internet



Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan internet meningkat secara signifikan. Internet tidak lagi hanya buat mencari informasi, tapi juga untuk berpromosi dan berjualan. Coba lihat Lazada, Bukalapak, mereka sukses membuka e-commerce atau toko online sendiri dengan memanfaatkan internet.





Memanfaatkan Internet Sebagai Salah Satu Strategi Penjualan Yang Efektif



Untuk meningkatkan penjualan, usaha kecil menengah (UKM) harus gencar melakukan promosi. Salah satunya adalah lewat internet. Berikut strategi penjualan yang efektif utuk meningkatkan usaha kecil dan UMKM lewat internet. 


Membuat Website atau Blog Sendiri



Memiliki situs atau web sendiri sudah menjadi keharusan bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ingin maju. Dengan situs tersebut, UKM bisa mempromosikan produk-produk yang dimilikinya ke seluruh dunia.



Blog. Punya blog mendatangkan manfaat besar bagi usaha kecil menengah. Sebab akan membuat promosi yang dilakukan lebih lincah.



Sekarang orang sudah bisa membuat website dan blog sendiri. Membuat blog gratis sendiri bisa dengan mudah anda lakukan. Anda juga bisa membuat website profesional baik untuk kebutuhan anda sendiri maupun untuk kebutuhan pemasaran. Dengan menggunakan website atau blog gratis, anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Website sangat bermanfaat karena jangkauannya lebih luas. 


Menggunakan Sosial media (Facebook, Instragram, Youtube)



Peran social media makin penting bagi kehidupan masyarakat saat ini. Usaha kecil menengah tidak boleh ketinggalan berada di dalamnya untuk lebih mendekatkan diri dengan pasar. Pengelolaan sosial media yang tepat, seperti dengan menerapkan Facebook Marketing bisa meledakkan bisnis ukm. 



Selain Facebook, anda bisa memanfaatkan Twitter dan Instagram untuk memasarkan dan menjual produk-produk anda. Apalagi menggunakan media social sekarang sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, paling-paling cuma perlu beli kuota internet bulanan. Di Youtube anda bahkan bisa dengan jelas memaparkan kelebihan produk yang anda miliki.


Membuat Fanspage 

Membuat fanspage sendiri di media sosial seperti Facebook sangat bermanfaat untuk anda agar pengguna facebook bisa lebih jauh mengenal dan menyukai produk-produk anda. Anda bisa memposting apa saja di fanspage.


Tapi tidak semua pelaku usaha kecil bisa membuat website gratis, atau membuat web toko online misalnya. 

Menerapkan Trik Internet Marketing Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan

Agar penjualan anda meningkat, anda butuh strategi internet marketing yang jitu. Ada berbagai macam trik internet marketing yang bisa diterapkan saat anda menekuni dunia bisnis. Selain memanfaatkan internet, anda juga butuh blog atau website, serta media-media lainnya untuk melakukan pemasaran. Selain itu, anda juga butuh skill pemasaran yang baik. 

Belajar di Kursus Internet Marketing Jakarta, Depok, Tangerang Sebagai Strategi Penjualan Yang Efektif


Internet Marketing adalah salah satu trik sukses untuk meningkatkan penjualan lewat internet. Internet marketing ini perlu cara khusus untuk menguasai trik-triknya, dan ini hanya bisa anda ditemukan lewat Kursus Internet Marketing. Kursus Internet Marketing Jakarta, Depok, Tangerang cukup banyak. 

Salah satu trik internet marketing yang merupakan senjata jitu untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan blog, atau website. Membuat website yang profesional itu memerlukan bimbingan. Oleh karena itu, agar bisa membuat website sendiri sebagai salah satu trik pemasaran adalah dengan ikut kursus membuat website. Anda bisa belajar di Kursus website DUMET School, salah satu Kursus Website Jakarta, Depok terbaik saat ini. Selain sebagai salah satu tempat Kursus Website Jakarta, Depok, TangerangKursus Internet Marketing DUMET juga merupakan salah satu tempat terbaik belajar SEO & Internet Marketing saat ini. 



Itulah beberapa Strategi Penjualan Yang Efektif Untuk Meningkatkan Usaha Kecil dan UMKM bagi anda yang ingin mengembangkan dan meningkatkan usaha kecil.. Semoga bermanfaat ya sob.




source/link : JOKO SUSILO.com
Blog, Updated at: 01.13

6 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali nih... memang strategi yang tepat sangat di perlukan,

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik dan sangat berguna. Maaf boleh saya sedikit menambahkan, untuk teman2 umkm coba deh menjual produknya di market place seperti contoh
    https://shopee.co.id/pojoksport
    https://www.tokopedia.com/pojokolshop
    https://m.bukalapak.com/pojoksport
    Semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  3. Internet memang menjadi media informasi yang memililki banyak banyak manfaat. Terima kasih untuk informasinya mengenai cara meningkatkan usaha kecil dan UKM dengan memanfaatkan internet.

    BalasHapus
  4. terimakasih mas atas infonnya semoga bermanfaat bagi kita semua aamiin
    konsultan ISO dan Sertifikasi
    http://www.isokonsultindo.com

    BalasHapus
  5. luar biasa....sangat bermanfaat..
    di tunggu kunjungan baliknya gan.

    http://primakatalisindo.com/diklat-dan-bimtek-koperasi-ukm

    BalasHapus
  6. bantuan pinjaman kayak gini memang perlu banget, terutama untuk UKM UKM, contohnya kayak modalku udh pernah coba gan?

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik.