5 Strategi Penjualan Online Dengan Digital Marketing Yang Jitu
Internet saat ini sudah digunakan secara luas. Anda bisa melakukan apa saja di internet. Misalnya promosi dan penjualan. Salah satu strategi penjualan produk online untuk produk UMKM adalah lewat sosial media. Sangat banyak manfaat yang diperoleh dengan memahami strategi penjualan online.
Media sosial selain dimanfaatkan sebagai ajang menjalin pertemanan, belakangan ini juga dimanfaatkan menjadi salah satu ladang promosi yang cukup potensial.
Aneka jenis produk maupun jasa mulai ramai dipasarkan para pelaku usaha melalui akun-akun pribadi yang sengaja dibuat untuk mempromosikan bisnisnya dan usahanya di dunia maya. Kekuatan media sosial (socmed) yang cukup besar, memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha. Dengan memahami Strategi Bisnis Dalam Pemasaran dan Promosi Produk UKM Dengan Media Sosial di Internet , setidaknya para pengusaha bisa mengurangi biaya iklan setiap bulannya dan mendatangkan banyak pelanggan dari berbagai kalangan masyarakat.
Baca Juga : Tips Menjual Mobil Bekas di Seva.Id.
Apa Strategi Penjualan Produk UMKM
Karena itu, bila kita tertarik mempelajari cara untuk menggunakan media info yaitu media sosial kali ini akan dibahas dan informasikan mengenai beberapa aturan maupun etika yang perlu kita perhatikan ketika mengoptimalkan promosi di media sosial.1. Pahami Aturan Main
Walaupun tidak ada aturan baku (hitam diatas putih) yang mengatur pasal-pasal dan syarat-syarat bersosialisasi di media sosial, namun penting bagi kita agar jadi mandiri dalam memahami aturan tak tertulis ataupun sopan santun dalam mempromosikan produk maupun jasa. Strategi penjualan online lewat media sosial ini kalau tidak diperhatikan dengan baik, bisa-bisa perusahaan kita dicap sebagai spam/ informasi sampah sehingga banyak konsumen yang pergi meninggalkan akun Anda, sehingga peluang usaha yang sebelumnya sudah kita ciptakan akan menjadi sepi dan menyebabkan collaps.2. Memahami Pasar dan Penawaran
Sebelum memasarkan produk atau jasa melalui media online dan media sosial sebagai media info di internet, kita harus terlebih dahulu memahami siapa saja target pasar yang hendak kita bidik. Kita tidak bisa memperlakukan semua konsumen ataupun calon pelanggan dengan sama rata, dan mempromosikan produk kita kepada orang-orang yang tidak berkepentingan. Misalnya saja mempromosikan produk usaha kecil di bidang mesin percetakan ke pengusaha keripik, dan begitu pula sebaliknya.Selain itu, anda juga perlu memahami berbagai metode transaksi. Karena saat ini adalah era digital dimana semuanya berlangsung dengan cepat, maka untuk mengantisipasinya anda harus mempersiapkan metode transaksi yang diperlukan, misalnya internet banking. Internet banking sangat berguna baik untuk menerima transfer dari pelanggan maupun saat anda mau bayar belanja online manakala anda berbelanja berbagai keperluan.
3. Membangun komunikasi efektif
Kadang kala para pelaku usaha hanya berkonsentrasi dalam memasarkan produk-produknya dengan cara mengirimkan gambar ataupun pesan singkat mengenai sebuah penawaran kepada para konsumennya tanpa memperhatikan komunikasi yang terbangun diantara mereka. Hal inilah yang membuat konsumen merasa bosan dengan akun media online kita, sehingga tidak jarang mereka memilih untuk unfollow atau memblokir akun tersebut karena kita terlalu sering mengirimkan penawaran yang membosankan. Padahal peluang usaha melalui online marketing memiliki potensi besar dalam meningkatkan keuntungan dan penghasilan tambahan, khususnya yang bergerak di bidang UKM maupun sektor wirausaha lainnya.Sering pula komunikasi tidak berjalan karena kendala bahasa. Sehingga mau tidak mau anda harus mencoba untuk mengikuti les bahasa Inggris. Anda sebenarnya bisa saja mengikuti les bahasa Inggris Jakarta.
Nah, setelah membaca artikel di atas, tentunya kita sudah bisa memulai action dalam menjalankan bisnis online dan memasarkan produk UKM dengan harapan mendatangkan untung besar setiap bulannya dengan berpromosi di media sosial.
Masih belum ngeh juga ? Alternatif lainnya coba deh ikut Bimtek UKM. Info Bimtek UKM Pusdiklat Pemendagri bisa kok kamu akses.
4. Memberikan Respon
Ketika mendapatkan sebuah komentar ataupun balasan retweet dari para konsumen, kita diwajibkan untuk segera membalasnya dengan tanggapan yang cukup hangat. Respon yang kita berikan kepada konsumen, menjadi salah satu alat yang efektif untuk meyakinkan konsumen bahwa kita memiliki kepedulian yang cukup besar terhadap permasalahan yang mereka hadapi. Bila kita mendapati pertanyaan yang sangat banyak, selanjutnya kita bisa menambahkan FAQ (Frequently Asked Question) untuk mempermudah para konsumen mengetahui jawaban-jawaban yang mereka butuhkan dari beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan konsumen.Ini sangat penting untuk diterapkan khususnya bagi pelaku wirausaha dan bidang UKM yang menggunakan internet sebagai media pemasarannya.5. Melakukan strategi bisnis efektif agar mudah terindeks mesin pencari
Terakhir, kita perlu melakukan beberapa langkah jitu agar pesan promosi yang kita buat di media sosial bisa cepat terindeks oleh mesin pencari (Google, Yahoo, dll). Contohnya saja dengan mencantumkan hashtag (#) ketika menggunakan twitter, cara tersebut bertujuan untuk memudahkan twitter kita terindeks dalam mesin pencari dan berada di posisi pertama ketika para pengguna twitter mencari dengan kata kunci yang kita gunakan. Hal yang sama juga berlaku di facebook.Nah, setelah membaca artikel di atas, tentunya kita sudah bisa memulai action dalam menjalankan bisnis online dan memasarkan produk UKM dengan harapan mendatangkan untung besar setiap bulannya dengan berpromosi di media sosial.
Masih belum ngeh juga ? Alternatif lainnya coba deh ikut Bimtek UKM. Info Bimtek UKM Pusdiklat Pemendagri bisa kok kamu akses.
Mantep Gan Postingannya....
trims gan, sering2 mampir ya....
Yup, internet kini
memamg besar perannya.. salam kenal sob
bener banget gan...
Mantap banget postingannya. Nambah lagi ilmu kite