3 Cara Email Marketing Jitu Untuk Meningkatkan Penjualan Online Produk

September 28, 2012
Trik Meningkatkan Penjualan Online Produk Usaha Kecil Lewat Email Marketing - Bila anda sedang menekuni usaha dan memanfaatkan internet sebagai sarananya, melakukan trik email marketing merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan online produk anda. Ini merupakan salah satu bentuk strategi inovatif yang membutuhkan kreatifitas. 





Meningkatkan penjualan online salah satunya bisa dilakukan dengan strategi email marketing. Kenapa ? Dengan trik email marketing, anda berpeluang meningkatkan penjualan anda dengan modal kecil saja dan tidak makan waktu. Bagi anda para wirausahawan yang sedang menggeluti bisnis dan usaha kecil/UMKM, anda bisa menerapkan strategi email marketing tapi dengan cara yang tepat. 

Strategi Meningkatkan Penjualan Online Dengan Email Marketing


Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk secara online, antara lain membeli domain blog. Agar pelaku usaha jadi mandiri untuk mengembangkan usahanya, membuat blog sangat disarankan. 


Selain membuat blog, trik lainnya yaitu dengan email marketing seperti yang sedang kita bahas. Menurut survey di AS, strategi email marketing menempati urutan kedua yang dipilih oleh para pelaku pemasaran dalam mempromosikan bisnis online mereka, setelah Paid Listing pada berbagai mesin pencari.

Meski Email marketing merupakan cara yang sudah cukup lama ditempuh, namun popularitas dan efektifitasnya masih cukup baik digunakan tahun 2018 ini. Email marketing terbukti cukup efektif dalam meningkatkan penjualan secara online untuk, dan perusahaan-perusahaan ternama yang besar saat ini awalnya memang menggunakan email marketing sebagai trik mempromosikan usaha dan produknya kepada semua pelanggan di dunia. 

Apa Itu Email Marketing 

Pengertian email marketing sebenarnya cukup luas. Tapi secara harfiah, email marketing dapat diartikan sebagai cara mengenalkan, mempromosikan, dan memasarkan produk baik berupa produk fisik, produk jasa, maupun produk digital dengan konsekuensi pelanggan menyukai produk tersebut dan akhirnya membelinya, melalui surel (surat elektronik) atau email. 


Manfaat dan Keunggulan Menerapkan Email Marketing Dalam Mengembangkan Usaha 

Salah satu yang menjadi keunggulan Email marketing adalah masalah biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran. Mengirimkan satu email kepada satu orang sama dengan mengirimkan ke ratusan orang, sehingga prospek pelanggan lebih luas bisa dijangkau. Namun ada sisi negatif juga, dengan mengirimkan mass email dalam waktu bersamaan seperti ini bisa diangap sebagai spam. Maka anda perlu berhati-hati dalam hal ini.

Inilah manfaat dan keuntungan strategi email marketing untuk meningkatkan usaha :
  1. Waktu lebih cepat. Bila anda menekuni usaha modal kecil, cara meningkatkan penjualan produk online anda lewat email marketing akan sangat terbantu dengan strategi ini, karena hanya dengan sekali klik perintah "Kirim" atau "Send", anda bisa mengenalkan usaha dan produk anda ke semua orang. Dengan catatan, "semua orang" adalah orang yang sudah anda kumpulkan datanya dalam sebuah database. 
  2. Hemat Biaya. Misalnya anda buka usaha baju, cara meningkatkan penjualan online produk baju anda tidak perlu keluar biaya banyak. Anda hanya perlu pulsa bulanan, yang sekarang cukup murah untuk internetan. Bila sebelumnya anda selalu berpromosi lewat spanduk, atau lewat iklan koran, anda akan keluar biaya lebih banyak. 
  3. Jangkauan lebih luas. Misalnya anda menjalani usaha desain dan editing dimana pemasarannya anda lakukan lewat internet, cara meningkatkan penjualan online produk anda cukup dengan mengirimkan contoh gambar desain dan penawaran kerja sama kepada calon pelanggan anda. 
  4. Menjalin komunikasi dengan pelanggan.Anda juga bisa memanfaatkan internet sebagai alat berkomunikasi dengan pelanggan selain tentunya memanfaatkannya sebagai cara untuk meningkatkan penjualan online anda di internet. Dengan menggunakan email marketing, anda bisa dengan leluasa mengetahui apa kebutuhan mereka, apa kendala yang mereka hadapi, dan apa solusi yang anda tawarkan. Tidak selamanya berbisnis itu tentang menjual. Menjaga hubungan dengan pelanggan adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan online yang waktunya tidak menentu. 

Selain menekuni usaha kecil dalam kehidupan nyata sehari-hari, anda juga bisa menjalani usaha online dengan produk yang sama. Bagaimana caranya ? Anda cukup memanfaatkan internet sehingga usaha online anda bisa dipromosikan lewat internet. 

Jual beli di internet sekarang bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Kalau orang lain bisa, kenapa anda tidak bisa ? Toh anda dengan mereka juga sama-sama menggunakan internet kok. Anda juga bisa membaca peluang usaha sampingan yang bisa anda tekuni selain tentunya usaha utama anda. Misalnya usaha online utama anda adalah baju sekolah untuk SD, SMP, SMA, anda juga punya peluang usaha sampingan yang bisa anda jalani, misalnya jual hijab unik dan keren untuk anak sekolah. 

Peluang usaha lainnya yang cukup relevan dengan usaha baju anak sekolah adalah pernak-pernik untuk anak sekolah perempuan. Misalnya kuncir rambut, bross, gelang unik, dsb. Jangan bertumpu pada satu usaha saja. Strategi penjualan lewat usaha online dan peluang usaha sampingan ini bisa anda jadikan trik untuk meningkatkan penjualan online selain penjualan di toko anda. 

Trik Jitu Menerapkan Email Marketing

Kembali kepada pentingnya Email marketing, ternyata Email marketing masih tetap berada pada urutan atas, karena ternyata user juga menyukai email marketing. Hasil riset Quris mengenai perilaku pengguna email di AS menunjukkan 45 persen diantaranya menyatakan bahwa e-mail merupakan cara yang tepat bagi perusahaan untuk menjaga hubungan dengan pelanggannya.

Ada beberapa hal yang diharapkan orang dari Email Marketing ini yaitu mengharapkan respon langsung dan untuk menjaga hubungan baik antara produsen dan konsumen. Memang, mempertahankan pelangganlah yang menjadi perhatian utama para marketer saat ini. Strategi email marketing ini merupakan cara meningkatkan usaha kecil dan strategi pemasarannya agar memiliki daya saing yang lebih baik.


#1 Membuat Database Pelanggan, dan Calon Pelanggan Potensial. 


Anda tidak akan bisa mendatangkan pelanggan kalau yang anda email cuma kawan sekerja saja. Cara meningkatkan penjualan online lewat email marketing ini membutuhkan database calon pelanggan anda. Jadi, anda perlu membuat sebuah album, atau folder di komputer anda, atau buku kecil kumpulan email para kenalan, dan koneksi dari kenalan-kenalan anda. Inilah sebuah sistem database email marketing.


#2 Membuat Sistem Database Yang Komplet Tapi Mudah


Sebuah sistem database yang lengkap dan mudah diakses memberikan manfaat besar. Anda cukup membuat label berjudul " Data Email Calon Pelanggan Sebagai Cara Untuk Meningkatkan Penjualan Online" di dashboard email anda. 


#3 Belajar Email Marketing Di Kursus Digital Marketing


Ada beberapa faktor yang membuat Email Marketing bisa menghasilkan manfat yang baik bagi bisnis anda , antara lain :
  1. Perhatikan tujuan dari penawaran yang anda berikan kepada penerima.
  2. Pastikan anda memilih penerima email marketing yang tepat, apakah penerima email sesuai dengan isi penawaran yang ada dalam email. Jika tidak sesuai antara penerima email dan isinya maka usaha anda sia-sia.
  3. Desain Email anda yang menarik dan inovatif. Setalah anda menentukan target dan isi Email Marketing yang tepat, jangan lupa untuk membuat desain yang menarik dan inovatif sehingga penerima bersedia membaca penawaran hingga selesai.
  4. Berikan pilihan untuk dikirimi email marketing pada web atau form lain, sehingga penerima secara sadar ingin dikirim berita-berita baru dan penawaran-penawaran baru.
Pertanyaannya adalah, apakah anda sudah tahu trik meningkatkan penjualan online usaha anda lewat email marketing ? Perhatikan poin #1 tentang membuat database pelanggan dan poin#2 tentang sistem database yang lengkap tapi mudah diakses. Bila anda sudah menguasai keduanya, anda sudah bisa menerapkannya sebagai cara menghasilkan uang lewat internet. Cara jualan online di internet punya perbedaan mendasar dibandingkan berjualan di toko. 

Oya, sembari anda mengoptimalkan pemasaran online lewat email marketing, anda juga harus mempersiapkan beberapa hal lain. Antara lain layanan internet banking dan belajar membuat blog. Kenapa ? 

Karena anda sedang menggunakan trik internet marketing artinya anda berpotensi melakukan penjualn secara online. Maka untuk mengantisipasi metode pembayaran, anda gunakan saja cara pembayaran yang mudah yaitu lewat internet banking. Menggunakan internet banking bukan cuma untuk menerima transfer online dari konsumen yang membeli produk anda, tapi juga untuk bayar belanja online, bayar listrik online yang wajib anda lakukan, dan sebagainya.

Anda juga perlu belajar membuat blog pemasaran. Karena anda sedang menggaet calon pelanggan, maka salah satu media yang sangat ampuh melakukan pemasaran dan memperkenalkan produk anda yaitiu lewat blog. 

Anda bahkan bisa cari uang lewat internet dengan cara membuat toko online. Wah, apalagi ini toko online. Makin ribet ya ? Tidak usah khawatir. Anda bisa belajar membuat toko online, belajar bisnis online, belajar email marketing dengan teman yang sudah sukses. Kalau mau instan tapi efektif dan berkualitas, anda bisa belajar di kursus internet marketing. 

Kursus Internet Marketing Jakarta, Depok, Tangerang (bila anda berdomisili di Jabodetabek) bisa anda pilih satunya di DUMET School. 

Kursus Internet Marketing DUMET School ini akan membimbing anda membangun bisnis online, cara membangun bisnis modal kecil, memahami cara penjualan online yang efektif sampai cara meningkatkan penjualan online dengan email marketing dari nol sampai bisa meskipun anda tidak punya basic IT. 

Ohya, Kursus Website DUMET school juga bisa anda ikuti supaya bisa membuat website toko online, membuat website SEO yang bagus untuk bisnis dan usaha anda dengan langkah mudah yang mendukung cara meningkatkan penjualan online anda. Selain itu, anda juga bisa mengikuti Kursus Desain Grafis Jakarta, Depok, Tangerang DUMET School bila berminat menekuni usaha editing atau percetakan secara online. 

Baca Juga :



Nah, demikian ulasan tentang Cara Meningkatkan Penjualan Produk Usaha Kecil Lewat Marketing ini. Meningkatkan penjualan lewat marketing ini hanyalah satu dari sekian banyak trik marketing yang bisa diterapkan untuk meningkatkan usaha. Anda bisa mencoba dan menguasainya satu persatu. 

(referensi : www.galeriukm.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
15 September 2012 22.49

terima kasih komentarnya, ditunggu kunjungan dan komentar berikutnya ya...

avatar

Berkomentarlah sesuai topik. EmoticonEmoticon