LOMBA CERDAS CERMAT ANTAR LKM/BKM SE-PROPINSI BENGKULU

Artikel Usaha : Online Marketing Meningkatkan Peluang Usaha

Artikel Usaha : Online Marketing Meningkatkan Peluang Usaha. Benarkah ? Pertanyaan ini sudah sering muncul seiring dengan kehadiran internet.Internet telah menjadi media utama dalam melakukan pemasaran dan promosi sejak tahun 2000 dan trend ini akan terus berlanjut bahkan di tahun 2014 diperkirakan dunia pemasaran online akan didominasi oleh web mobile.


Persaingan pasar saat ini sangat tinggi, dan teknik penjualan produk tidak lagi bergantung kepada pemasaran langsung di mana penjual dan pelanggan saling bertemu, namun sudah menggunakan media online. Persaingan tersebut juga terjadi dalam dunia online. Menurut sebuah artikel di Kompasiana mengenai kunci sukses pemasaran online menyimpulkan bahwa sebenarnya ada beberapa kunci yang harus diketahui dalam pemasaran online, yaitu:

Product
Product atau produk adalah barang yang akan kita promosikan atau kita pasarkan, dan harus memperhatikan :
  1. Quality, kita harus memiliki barang yang berkualitas baik dan tentunya harus berani memberikan garansi terhadap barang tersebut.Bila berani memberikan garansi maka orang akan lebih percaya untuk membeli produk.

  2. USP(Unique Selling Product), produk yang dijual harus memiliki keunikan, kelebihan atau added value dibanding produk yang lain, sehingga Anda dapat memberikan alasan mengapa orang harus membeli produk.

  3. Reasonable Price, produk harus mempunya harga yang masuk akal, artinya harga yang Anda jual sesuai dengan nilai yang terkandung dari barang tersebut, tidak melulu harus murah melainkan sesuai, bahkan untuk barang yang memiliki target market kelas atas jika menjual terlalu murah malahan mereka curiga.

  4. Availability of Goods, harus memiliki ketersediaan barang yang memadai sehingga bila ada pemesan mereka tidak harus menunggu terlalu lama untuk mendapatkan produk tersebut, menurut survey umumnya paling lama seseorang sabar menunggu pesanan barang yang dipesan lewat online adalah dalam 1 minggu.
Service
Service atau servis adalah layanan terhadap produk tersebut, dan harus mempertimbangkan :
  1. Quick Response, melayani calon pelanggan dengan cepat. Tentu sangat memakan biaya jika harus melayani calon pembeli satu persatu lewat telepon, untuk itu di website diperlukan fasilitas chatting online dan contact form bagi mereka yang ingin mengetahui lebih lanjut atau berniat mau membeli produk.

  2. Delivery Service, menggunakan layanan pengiriman yang terbaik dan terpercaya bagi para pembeli, jangan sampai barang yang dikirim rusak apalagi hilang didalam perjalanan. Sekali mengecewakan calon pembeli, maka dengan sangat mudah mereka akan menyebarkannya lewat berbagai media online sehingga membuat nama jatuh.

  3. Payment System, memberikan kemudahan bagi calon pembeli dalam melakukan pembayaran, tentunya dapat menggunakan berbagai fasilitas pembayaran yang ada seperti Pay Pal, dan lain-lain.

  4. After Sales Service, memberikan layanan purna jual yang baik kepada para pelanggan Anda. Tentunya jika produk yang mereka beli rusak, sudah seharusnya memperbaiki ataupun mengganti produk tersebut, sehingga mereka puas terhadap pelayanan kita, dan bagi mereka yang puas tentunya dapat meminta testimoni agar dapat memasangnya diwebsite, dengan adanya testimony akan meningkatkan kepercayaan bagi calon pembeli.
Promotion Strategy
Promotion Strategy atau strategi bisnis, yaitu strategi yang kita pilih dalam memasarkan produk-produk, harus mempertimbangkan :
  1. Web 2.0, Sebuah website dapat menjual sesuatu jika memiliki pengunjung yang tinggi kita tahu bahwa sebuah website jika ingin memiliki traffic tinggi harus menggunakan sistem web 2.0 dimana disediakan fasilitas agar para pengunjung dapat melakukan interaksi didalam website kita.

  2. Search Engine Optimization, Jika seseorang ingin mencari atau bahkan membeli sesuatu maka mereka akan mencarinya di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, ataupun MSN, untuk itu kita harus mengoptimalkan website kita agar alamat website kita dapat menempati peringkat yang baik di dalam mesin pencarian dengan strategi kata kunci.

  3. Social Media Optimization, memanfaatkan Social Media yang ada di dunia online seperti: facebook, twitter, youtube untuk membangun sebuah komunitas yang bertemakan produk brand Anda. Dengan demikian akan membuat produk Anda dikenal di masyarakat online.

  4. Affiliate Program, memberikan sebuah hak bagi para pelanggan untuk turut menjual produk kita dan mereka mendapatkan sebuah kode link dimana jika ada pembelian yang terjadi berasal dari link tersebut maka secara otomatis kita akan memberikan komisi kepada mereka tergantung kesepakatan kita dengan mereka.

  5. PPC Campaign, PPC singkatan dari Pay Per Click artinya iklan yang dihitung biayanya perklik. Kita dapat menentukan budget maksimal untuk bulanan PPC Campaign. Program ini bisa
Maintaining Relationships
Maintaining Relationships atau menjaga hubungan, dalam bahasa lain yaitu layanan pasca jual, harus mempertimbangkan :
  1. Member System, kita dapat memberlakukan layanan keanggotaan dengan program-program yang dapat mendorong pembeli tetap berlangganan dengan produk kita

  2. Email Marketing/ Newsletter, merupakan media yang dapat dilakukan dengan cara mengirim info-info terbaru kepada pelanggan melalui email maupun surat kabar elektronik.

  3. Special Promo, yaitu promo-promo khusus pada event-event atau hari-hari tertentu, misalnya promo bulan puasa dan sebagainya

  4. Reward Point, memberikan hadiah kepada pelanggan atau pembeli bila melakukan pembelian pada target tertentu
link sumber : jogjashop
                    kompasiana
Like This Article:
Share This Article : Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar dengan saran dan kritik yang membangun agar Blog Media Info memiliki manfaat | Sangat tidak diperkenankan memberikan komentar spam | Sangat tidak perkenankan memberikan komentar berbau SARA dan pornografi