LOMBA CERDAS CERMAT ANTAR LKM/BKM SE-PROPINSI BENGKULU

Strategi Bisnis Dalam Pemasaran Produk UKM Dengan Media Sosial

Strategi Bisnis
Strategi Bisnis Dalam Pemasaran dan Promosi Produk UKM Dengan Media Sosial di Internet merupakan salah satu hal yang patut dipertimbangkan terutama untuk mengembangkan pasar. 

Media sosial selain dimanfaatkan sebagai ajang menjalin pertemanan, belakangan ini juga dimanfaatkan menjadi salah satu ladang promosi yang cukup potensial.


Aneka jenis produk maupun jasa mulai ramai dipasarkan para pelaku usaha melalui akun-akun pribadi yang sengaja dibuat untuk mempromosikan bisnisnya dan usahanya di dunia maya. Kekuatan media sosial (socmed) yang cukup besar, memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha. Dengan memahami Strategi Bisnis Dalam Pemasaran dan Promosi Produk UKM Dengan Media Sosial  di Internet , setidaknya para pengusaha bisa mengurangi biaya iklan setiap bulannya dan mendatangkan banyak pelanggan dari berbagai kalangan masyarakat.



Strategi Bisnis Dalam Pemasaran Produk UKM Dengan Media Sosial

Karena itu, bila kita tertarik mempelajari cara untuk menggunakan media info yaitu media sosial kali ini akan dibahas dan informasikan mengenai beberapa aturan maupun etika yang perlu kita perhatikan ketika mengoptimalkan promosi di media sosial.

Mengerti Aturan Main

Walaupun tidak ada aturan baku (hitam diatas putih) yang mengatur pasal-pasal dan syarat-syarat bersosialisasi di media sosial, namun penting bagi kita untuk memahami aturan tak tertulis ataupun sopan santun dalam mempromosikan produk maupun jasa. Bila hal ini tidak kita perhatikan dengan baik, bisa-bisa perusahaan kita dicap sebagai spam/ informasi sampah sehingga banyak konsumen yang pergi meninggalkan akun Anda, sehingga peluang usaha yang sebelumnya sudah kita ciptakan akan menjadi sepi dan menyebabkan collaps.


Memahami Pasar dan Penawaran
Sebelum memasarkan produk atau jasa melalui media online dan media sosial sebagai media info di internet, kita harus terlebih dahulu memahami siapa saja target pasar yang hendak kita bidik. Kita tidak bisa memperlakukan semua konsumen ataupun calon pelanggan dengan sama rata, dan mempromosikan produk kita kepada orang-orang yang tidak berkepentingan. Misalnya saja mempromosikan produk usaha kecil di bidang mesin percetakan ke pengusaha keripik, dan begitu pula sebaliknya.


Membangun komunikasi efektif


Kadang kala para pelaku usaha hanya berkonsentrasi dalam memasarkan produk-produknya dengan cara mengirimkan gambar ataupun pesan singkat mengenai sebuah penawaran kepada para konsumennya tanpa memperhatikan komunikasi yang terbangun diantara mereka. Hal inilah yang membuat konsumen merasa bosan dengan akun media online kita, sehingga tidak jarang mereka memilih untuk unfollow atau memblokir akun tersebut karena kita terlalu sering mengirimkan penawaran yang membosankan. Padahal peluang usaha melalui online marketing memiliki potensi besar dalam meningkatkan keuntungan dan penghasilan tambahan, khususnya yang bergerak di bidang UKM maupun sektor wirausaha lainnya.


Memberikan Respon

Ketika mendapatkan sebuah komentar ataupun balasan retweet dari para konsumen, kita diwajibkan untuk segera membalasnya dengan tanggapan yang cukup hangat. Respon yang kita berikan kepada konsumen, menjadi salah satu alat yang efektif untuk meyakinkan konsumen bahwa kita memiliki kepedulian yang cukup besar terhadap permasalahan yang mereka hadapi. Bila kita mendapati pertanyaan yang sangat banyak, selanjutnya kita bisa menambahkan FAQ (Frequently Asked Question) untuk mempermudah para konsumen mengetahui jawaban-jawaban yang mereka butuhkan dari beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan konsumen.Ini sangat penting untuk diterapkan khususnya bagi pelaku wirausaha dan bidang UKM yang menggunakan internet sebagai media pemasarannya.

Melakukan strategi bisnis efektif agar mudah terindeks mesin pencari

Terakhir, kita perlu melakukan beberapa langkah jitu agar pesan promosi yang kita buat di media sosial bisa cepat terindeks oleh mesin pencari (Google, Yahoo, dll). Contohnya saja dengan mencantumkan hashtag (#) ketika menggunakan twitter, cara tersebut bertujuan untuk memudahkan twitter kita terindeks dalam mesin pencari dan berada di posisi pertama ketika para pengguna twitter mencari dengan kata kunci yang kita gunakan. Hal yang sama juga berlaku di facebook.


Nah, setelah membaca artikel di atas, tentunya kita sudah bisa memulai action dalam menjalankan bisnis online dan memasarkan produk UKM dengan harapan mendatangkan untung besar setiap bulannya dengan berpromosi di media sosial. 


sumber : BisnisUKM : Mengoptimalkan Media Sosial Sebagai Ladang Promosi
Like This Article:
Share This Article : Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

6 comments:

  1. Yup, internet kini
    memamg besar perannya.. salam kenal sob

    ReplyDelete
  2. sekdar coment agar dapet backlink :v

    raikiryu.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com
    Hp:081335640101

    ReplyDelete
  4. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    ReplyDelete

Berikan komentar dengan saran dan kritik yang membangun agar Blog Media Info memiliki manfaat | Sangat tidak diperkenankan memberikan komentar spam | Sangat tidak perkenankan memberikan komentar berbau SARA dan pornografi