LOMBA CERDAS CERMAT ANTAR LKM/BKM SE-PROPINSI BENGKULU

Pemberdayaan dan Manfaat PPMK, Harapan Usaha Produktif


Program Usaha Warga Miskin
Pemberdayaan dan Manfaat PPMK, Sebuah Harapan Usaha Produktif - Pelatihan sekaligus penguatan aspek-aspek pemberdayaan dalam rangka peningkatan kesejahteraan melalui usaha produktif berbasis komunitas telah selesai diselenggarakan.

Pelatihan program Peningkatan Penghidupan Masyarakat berbasis Komunitas (PPMK) PNPM-Perkotaan berlangsung sejak tanggal 18-25 September 2012, di mana kegiatan tersebut dibuka oleh Tim Advisori PNPM-Perkotaan.


Manfaat program PPMK diharapkan dapat meningkatkan kuantitas kelompok-kelompok swadaya masyarakat (KSM), dimana dengan meningkatnya jumlah KSM maka diasumsikan bahwa dana program PPMK benar-benar berhasil menjadi salah satu stimulan dalam meningkatkan usaha-usaha produktif yang ada di masyarakat, khususnya bagi warga kurang mampu yang sedang menjalankan usaha potensial.

Seyogyanya program PPMK ini telah beberapa kali berganti nama, mulai dari livelihood, PMPK (Peningkatan Mata Pencaharian Keluarga) hingga PPMK, dan ini disebabkan oleh pembahasan substansial dan keterkaitan antar aspek dan elemen di dalamnya satu sama lain. Oleh utusan tim advisori, hal ini merupakan sebuah perjuangan agar segala aspek yang bersentuhan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin benar-benar sinergi.

Secara nasional, PPMK akan diserap oleh 596 kelurahan, dimana 499 kelurahan di antaranya akan direalisasikan pada tahun anggaran 2012 dan selebihnya 97 kelurahan di tahun 2013. Bengkulu merupakan salah satu daerah yang 15 kelurahannya yang tersebar di 3 kabupaten/kota akan dilaksanakan pada tahun 2012, dan 1 kelurahan di tahun 2013.

Adakah manfaat pelatihan sebagai cara meningkatkan kapasitas pemberdayaan masyarakat khususnya dalam mensukseskan PPMK ? Tentu saja diharapkan ada, dan semuanya tergantung kepada pelaksanaan di lapangan. Adanya pelatihan-pelatihan penguatan seperti ini merupakan cara untuk mendorong pemberdayaan sejalan dengan aspek proyek.

Salah satu poin penting yang menjadi bahan perhatian dalam salah satu sesi pelatihan ini dan benar-benar harus dipertimbangkan dalam pelaksanaannya di lapangan adalah cara meningkatkan semangat kerelawanan dengan mendorong inisiatif dan kreatifitas lembaga masyarakat, khususnya BKM dan KSM selaku kelompok usaha produktif yang akan menjadi calon pemanfaat dana program. BKM merupakan suatu kelompok kolektif yang benar-benar harus kuat dan mempunyai kapasitas kemandirian yang tinggi, termasuk unsur UPK selaku salah satu unit pelaksana yang mengelola keuangan lembaga. Peranan UPK sangat penting dalam hal pembukuan, karena dalam alur penggunaan dana baik reguler (APBN) dalam wujud kegiatan ekonomi bergulir, DDUB (APBD) maupun PMPK ini sumber data pengembalian pinjaman dan KSM peminjam bersumber dari unit ini. Pada tahap verifikasi KSM yang diusulkan oleh BKM, track record pemanfaatan kegiatan ekonomi bergulir merupakan hal penting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yaitu kredit macet.

Maka, sebuah harapan yang besar tentunya bagi para pelaku usaha mikro produktif khususnya warga kurang mampu dengan adanya produk-produk stimulan yang benar-benar nyata. Sejatinya, tahun 2012-2014 merupakan periode yang secara konsep PNPM merupakan fase mandiri, di mana pada fase ini BKM dampingan telah mengelola kelompok-kelompok masyarakat dengan usaha produktif dan telah memiliki ikatan kemitraan atau kerja sama dengan lembaga-lembaga lain sehubungan dengan itu. PPMK sendiri mensyaratkan KSM calon penerima program ini dengan beberapa item, yaitu BKM sudah pada fase berdaya, rekomendasi audit pembukuan 3 bulan terakhir khususnya Bengkulu (Desember 2011-Februari 2012) Wajar Tanpa Pengecualian, dan pembukuan sekretariat dengan status memadai. 

Semoga saja dengan pelatihan ini, fasilitator sebagai peserta pelatihan dan juga pelaku di lapangan benar-benar dapat menjalankan peran fungsinya mengawal program PPMK agar benar-benar terlaksana sesuai pedoman dan sejalan dengan harapan.

Like This Article:
Share This Article : Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

4 comments:

  1. Saya yakin program ini sangat membantu masyarakat miskin, apalagi dengan jasa bunga yang sangat kecil

    ReplyDelete
  2. saya setuju bung suhardi, mudah-mudahan program ini memliki manfaat yang luas dan cara meningkatkan perekonomian masyarakat dimulai dari sini...

    ReplyDelete
  3. mantap ini infonya, sama-sama dapat PPMK nih di tempat saya juga...mudah-mudahan program pemerintah juga dapat disinergikan dengan warga

    ReplyDelete
  4. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    ReplyDelete

Berikan komentar dengan saran dan kritik yang membangun agar Blog Media Info memiliki manfaat | Sangat tidak diperkenankan memberikan komentar spam | Sangat tidak perkenankan memberikan komentar berbau SARA dan pornografi