8 Langkah Memulai Usaha Desain Grafis & Pembuatan Logo Online

5 Langkah Untuk Memulai Usaha Desain Grafis & Pembuatan Logo OnlineBisnis desain grafis belakangan ini cukup potensial untuk dikembangkan. Ini bisa terlihat dengan semakin banyaknya jasa editing gambar, jasa desain logo, hingga jasa desain online yang banyak ditemui di internet.

menekuni bisnis desain grafis

Memulai Bisnis Desain Grafis Dan Pembuatan Logo Online

Desain grafis adalah sebuah bentuk komunikasi visual yang memadukan elemen-elemen grafis menjadi sebuah gambar grafis untuk menyampaikan pesan melalui media tertentu, dan dibuat dengan cara dan alat desain.

Desain grafis atau rancang grafis tidak terlepas dari perkembangan seni rupa, sehingga sebagian kalangan menganggap desain grafis adalah bagian dari seni. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri, mengingat untuk membuat sebuah gambar yang menarik itu melibatkan intuisi dan emosi.

Elemen-elemen grafis sendiri awalnya adalah titik, garis, bidang, bentuk, ruang. Seiring dengan perkembangan teknologi, desain grafis sudah menyentuh aspek warna, dan lingkungan, sehingga elemen-elemen grafis juga turut bertambah yaitu elemen warna.

Dengan kata lain, bisnis desain grafis modern harus memenuhi unsur-unsur berikut ini :

  • Skill membuat, mengedit, mengolah gambar
  • Media desain (kertas, spanduk, buku, majalah, website, TV dll)
  • Alat desain (software/aplikasi desain grafis)
Baca Juga : Bisnis Jual Mobil Bekas di Situs Seva.Id.

Keuntungan Menjalankan Usaha Desain Grafis Di Internet 

Seperti sudah dikemukakan pada paragraf pembuka, peluang bisnis desain grafis sangat terbuka lebar. Apalagi dengan adanya internet, bisnis desain grafis sangat potensial untuk ditekuni. Ada sangat banyak keuntungan dengan adanya internet untuk menekuni bisnis desain grafis, antara lain :
  • Hemat waktu. Dengan internet semuanya jadi cepat, cukup dengan sekali kirim email atau facebook, maka contoh desain anda bisa dilihat semua orang di dunia. 
  • Hemat Biaya. Bila anda menekuni bisnis desain grafis, anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya banyak untuk mempromosikan usaha anda. Cukup dengan berinteraksi di forum-forum atau di media sosial, maka gambar-gambar desain anda sudah bisa dilihat semua orang. 
  • Sangat mudah melakukan penawaran kerja sama. Melalui internet, anda bisa mengirimkan contoh desain anda sebagai penawaran awal. Bila terjadi order, anda cukup mengirimkan contoh desain pra cetak saja ke si pemberi order.

Beberapa Contoh Usaha Desain Grafis Online Yang Bisa Ditekuni 

  • Usaha pembuatan logo online.
  • Usaha desain interior.
  • Usaha desain spanduk.
  • Usaha desain brosur.
  • Usaha edit dan olah gambar banner.
  • Usaha bikin desain gambar baju.
  • Usaha bikin iklan di website.

Strategi Sukses Bisnis Desain Grafis Serta Pembuatan Logo Online

Bisnis desain grafis ini bisa ditekuni oleh siapa saja. Mulai dari pelajar, mahasiswa, fresh graduate, karyawan dll.

Desain grafis itu tidak jauh-jauh dari yang namanya software desain grafis. Bagaimana bisa membuat desain gambar kalau tidak bisa mengoperasikan software desain grafis. 

Agar bisa sukses menekuni bisnis desain grafis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

#1 Ketahui Jenis Desain Yang Akan Dijadikan Bidang Usaha

Kalau anda selama ini menguasai pembuatan desain logo, akan lebih baik bila anda mendalami berbagai jenis logo. Apakah jenis logo bulat, kotak, atau desain huruf saja. Semakin banyak jenis desain yang anda kuasai, akan semakin besar kemungkinan anda berhasil menekuni bisnis desain grafis. Misalnya anda punya kemampuan membuat desain spanduk, atau punya pengalaman membuat desain banner. Kalau anda lulusan arsitektur, akan jadi keuntungan besar bila anda membuka usaha desain interior.

#2 Ketahui Karakteristik Dan Kelebihan Usaha Desain Yang Dimiliki

Mengingat bukan hanya anda yang punya skill atau kemampuan desain, maka anda harus punya karakteristik tersendiri yang menjadi ikon anda. Membuat desain logo itu sangat umum, nah apa kelebihan desain logo yang anda miliki ? Apakah pola desain, atau pola huruf desain, atau mungkin biasanya menambahkan shadow pada setiap desain yang anda punya. Intinya anda punya kekhasan, gaya desain anda sendiri.

#3 Ketahui Siapa Pesaing Usaha Desain Grafis Yang Dipunyai

Bila anda menekuni usaha desain interior, maka trik agar bisa menguasai pasar bisnis desain grafis di internet adalah dengan membuat database pesaing yang sama dengan usaha anda. Dari sini anda bisa mengetahui apa kelebihan dan kekurangan usaha mereka dengan bisnis anda. Dalam hal ini, poin #1 akan menjadi nilai lebih. 

#4 Kuasai Software Pembuat Desain Agar Bisa Membuat Gambar Desain  

Jangan terlalu cepat bangga bila anda sudah menguasai Photoshop. Karena ada ratusan, bahkan ribuan orang di internet yang menguasai Photoshop. Selain itu, anda tidak bisa terpaku dengan hanya menguasai Photoshop saja. Apalagi ada banyak aplikasi desain grafis tercanggih yang sudah sering digunakan orang. 

Anda mau bikin desain apa ? Kalau cuma desain logo, mungkin Photoshop saja sudah cukup. Tapi kalau anda ingin mengembangkan usaha desain interior, atau desain majalah, cover buku, atau multimedia, paling tidak, anda juga menguasai CorelDraw, atau InDesign, Illustrator atau Flash. Semakin banyak software yang anda kuasai, semakin besar kemungkinan bisnis desain grafis anda berkembang.

#5 Belajar Tutorial Desain Secara Mandiri

Salah satu aspek yang cukup mempengaruhi seorang pelaku usaha khususnya yang ingin mengembangkan usaha desain grafis adalah kemandirian. Pelaku usaha harus bisa jadi mandiri tanpa tergantung dengan orang lain. Caranya yaitu dengan memperbanyak referensi seputar enterpreneurship, kepempimpinan, serta tutorial-tutorial desain.

Usaha desain grafis bisa berkembang kalau tutorial-tutorial tadi didownload dari internet lalu diseriusi, sehingga anda bisa jadi pelaku usaha yang lebih mandiri.

#6 Belajar Membuat Blog Pemasaran 

Salah satu strategi yang bisa anda mulai untuk mengembangkan usaha desain grafis adalah dengan membuat blog. Belajar membuat blog sangat gampang, tergantung anda punya niat dan komitmen atau tidak. Membuat blog sangat efektif untuk memperkenalkan usaha dan produk desain yang anda punya.

Anda bisa belajar membuat blog gratis terlebih dahulu, misalnya menggunakan blogspot atau wordpress. Bila anda sudah mahir, anda bisa belajar membuat blog yang profesional. Dengan kemampuan yang anda punya, anda juga bisa membuat blog yang menghasilkan uang.


#7 Buka Rekening dan Layanan Internet Banking

Ingat, calon customer anda bukan hanya di sekitar area anda. Sekarang bisnis sudah berkembang secara digital. Artinya, anda berpotensi punya pelanggan dari tempat lain, dan salah satu jalan yang bisa membuat anda terhubung dengan mereka adalah melalui blog serta nomor ponsel anda.

Oleh karena itu, anda sudah harus mempersiapkan segala sesuatunya dari awal. Karena anda berpotensi mendapat order secara online, maka anda perlu mempersiapkan metode pembayaran online. Mendaftar layanan internet banking dari bank selain berguna untuk menerima transfer pembayaran, juga bermanfaat bagi anda untuk bayar belanja online semisal anda belanja bahan dan desain lewat toko online.


#8 Coba Ikut Kursus Desain Grafis Jakarta, Depok, Tangerang


Buat anda yang berdomisili di Jakarta, Depok, Tangerang, anda bisa meningkatkan atau menambah skill membuat gambar desain dan keterampilan mengggunakan software desain grafis dengan belajar desain grafis. Kursus Desain Grafis Jakarta, Depok, Tangerang cukup banyak. Anda bisa memilih salah satunya. 

Belajar Membuat Gambar di Kursus Desain Grafis DUMET School 

Anda ingin keterampilan meningkat ? Maka anda sewajarnya mendapatkan pengembangan kapasitas berupa pelatihan dan kursus.

Semisal anda berkecimpung sebagai peracik kopi atau menjalankan usaha warung kopi, maka sebaiknya anda mengikut kursus barista.

Atau anda seorang akunting yang diharuskan membuat laporan dalam bahasa Inggris maka anda perlu mengikuti kursus bahasa Inggris. Misalnya kursus bahasa Inggris EF Adults.

Kalau anda bingung mencari tempat belajar desain grafis untuk mengembangkan bisnis desain grafis di internet, salah satu Kursus Desain Grafis Jakarta, Depok, Tangerang terbaik adalah Kursus Desain Grafis DUMET School.


Di Kursus Desain Grafis Jakarta, Depok, Tangerang DUMET School anda akan dibimbing mengoperasikan aplikasi desain grafis yaitu Photoshop, InDesign, Illustrator, dan Flash sampai anda bisa membuat desain logo, cover buku, majalah, flyer, banner dsb.

Baca Juga :



Nah, itulah Langkah Memulai Usaha Desain Grafis & Pembuatan Logo Online, salah satu bisnis yang bisa ditekuni dengan adanya internet. Apakah anda sudah punya skil desain yang memadai ? Kalau belum, belajar desain grafis tingkat lanjut saja. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url