5 Kiat Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha Secara Mandiri

Cara Mengembangkan Usaha Dengan Mandiri - saat ini punya peluang cukup menjanjikan sebagai alternatif untuk meningkatkan pendapatan. Tapi tidak semua orang benar-benar bisa menjadi pelaku usaha kecil menengah yang sukses.


Kiat Sukses Jadi Pelaku Usaha Kecil Menengah

Beberapa Contoh Usaha Kecil Menengah :

  • Usaha kecil kecilan di rumah seperti usaha loundry.
  • Usaha kecil untung besar misalnya usaha oli bekas.
  • Usaha kecil menengah kuliner seperti usaha kue siput, kue bawang, pecel lele dsb.

Untuk menjadi seorang pelaku usaha kecil menengah yang sukses, dibutuhkan sejumlah modal awal. Antara lain mental dan kepribadian, niat, komitmen, dan usaha. Keempat modal ini mencerminkan seorang pelaku usaha yang berintegitras. Bila seseorang punya keempat modal ini maka dia layak disebut sebagai pelaku usaha kecil mandiri.

Bahkan untuk berinvestasi kecil-kecilan pun mesti ada modal awalnya. Bukan hanya modal material seperti uang atau costs, tapi juga alat dan tool. Contohnya anda harus download aplikasi saham terbaik sebelum memulai membeli saham, bukan ?

Apa Kiat Mudah Agar Usaha Kecil Menengah Jadi Sukses ?

Menjadi pelaku usaha kecil menengah yang mandiri dan tidak tergantung pada orang lain itu gampang-gampang susah. Terlepas dari kebutuhan akan modal usaha, modal kepribadian dan jiwa enterpreneurship justru punya pengaruh sangat besar.

Baca Juga : Peluang Bisnis Jual Beli Mobil Bekas di Situs Seva.Id.

Trik Cara Mengembangkan Usaha Dengan Mandiri

Orang yang gampang putus asa padahal sudah punya modal usaha yang cukup besar juga bisa menjadi pendorong usaha jadi mandeg.

Lalu bagaimana caranya agar para pelaku usaha jadi mandiri untuk menjalankan usaha kecil menengah yang mereka punya ?

#1 Manfaatkan Gadget (Laptop/Ponsel)

Jadi mandiri bisa dilakukan para pelaku usaha kecil menengah dengan memanfaatkan gadgetnya. Perangkat seluler sekarang bisa didapatkan dengan mudah dan murah. Kalau tidak bisa beli cash, bisa didapaatkan dengan mencicil.

Menggunakan ponsel atau tablet sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha kecil menengah yang sukses serta jadi lebih mandiri mendapatkan informasi mengenai peluang pasar.

Pelaku usaha kecil menengah juga bisa memanfaatkan gadgetnya untuk memasarkan produk-produknya sehingga jadi mandiri. Usaha kecil-kecilan di rumah saja sudah menggunakan ponsel untuk memasarkan jualannya, misalnya usaha pecel lele atau usaha menjahit.

Trend pemasaran usaha kecil menengah 2018 perlahan sudah menggunakan teknologi. Artinya para pelaku usaha kecil menengah sudah harus mulai memanfaatkan teknologi seperti internet dan ponsel untuk mengantisipasi pola usaha kecil menengah di tahun 2018 ini.

#2 Manfaatkan Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram)

Berdasarkan data dari Kominfo serta dari APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) diketahui bahwa aktivitas pengguna seluler ketika terakses dengan internet paling banyak menggunakan media sosial.

Hal ini bisa dimanfaatkan para pelaku usaha kecil menengah untuk jadi mandiri dalam mengembangkan usahanya. Seperti tadi sudah disampaikan, pola usaha kecil menengah 2018 sudah mengarah ke online. Artinya pelaku usaha kecil bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi baik untuk pemasaran sekaligus menjual produk usaha kecil kecilan di rumah tanpa perlu door to door. Cukup lewat Facebook, atau Twitter, bahkan Instagram pengguna media sosial lainnya bisa mengenal produk usaha kecil anda.

#3 Membuat Blog/Website Usaha Kecil Menengah

Pelaku usaha juga bisa jadi mandiri dalam mengembangkan usaha kecil menengah yang menjanjikan dengan cara membuat blog/webste. Usaha kecil menegah di Indonesia sekarang tidak lagi mesti memasarkan dari mulut ke mulut, atau dari teman ke teman.

Agar jadi mandiri, pelaku usaha kecil bisa belajar membuat blog dari yang gratisan dulu, seperti blogspot atau di wordpress.

Usaha kecil menengah yang sukses adalah usaha kecil yang menjadi besar dengan modal kecil. Jadi mandiri itu tidak perlu modal besar. Pelaku usaha kecil yang mandiri bisa menggunakan blog atau website gratisan sebagai media pemasaran dan penjualannya.

Coba lihat toko-toko online yang sekarang sukses, seperti Bukalapak, Lazada dll. Darimana mereka memulainya ? Dari membuat blog toko online gratisan. Ada banyak platform blog gratis yang bisa dimanfaatkan sebagai media penjualan, misalnya blogspot atau wordpress.

#4 Buat Video Usaha di Youtube

Cara lain agar pelaku usaha bisa mengembangkan usaha kecil menengah yang sukses adalah dengan memanfaatkan Youtube. Youtube adalah sebuah media di internet yang berisi kumpulan video. Pelaku usaha kecil bisa menonton video pembuatan produk usaha dari seluruh dunia di Youtube.

Usaha kecil menengah  yang sukses adalah yang bisa mengadopsi pembuatan aneka produk menjadi produk milik sendiri. Meskipun mirip-mirip dengan punya orang lain, tapi setidaknya pelaku usaha yang mandiri punya karakteristik tersendiri sehingga orang bisa tahu kalau produk itu adalah punya dia.

Youtube juga bisa digunakan untuk mengupload video tentang produk usaha kecil menengah, baik itu proses pembuatannya maupun alat-alatnya, serta kelebihan dan kekurangannya.

#5 Gunakan Layanan Internet Banking 

Selain melakukan pemasaran dan penjualan secara online, anda juga bisa menerima transfer produk secara online saat pelanggan anda membeli produk anda. Oleh karena itu gunakanlah layanan internet marketing. Selain menerima transfer, anda juga akan membutuhkannya sebagai alat bayar belanja online ketika anda membeli bahan dan alat yang anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis anda. Misalnya cara membeli domain blog.

6. Ikut Pelatihan Kewirausahaan

Pengembangan kapasitas adalah salah satu cara agar pelaku usaha mendapatkan pemahaman dan keterampilan menjalankan dan mengembangkan roda perusahaan. Contoh pengembangan kapasitas antara lain Bimtek dan Pelatihan.

Semisal anda sedang berwirausaha kopi, atau anda baru akan memulai menjadi barista, maka pengembangan kapasitas yang cocok adalah dengan mengikuti pelatihan di kursus barista.

Baca Juga :

Nah, itulah beberapa cara mudah menjadi pelaku usaha kecil menengah yang sukses dan mandiri. Anda bisa memulainya dari sekarang, karena kalau tidak sekarang kapan lagi ?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url