6 Cara Yang Biasa Digunakan Untuk Bayar Belanja Online

Cara Bayar Belanja Online - Bagi sobat enterpreneur yang saat ini sedang mengembangkan usaha dan bisnis tentunya akan mengeluarkan biaya ketika membeli bahan atau alat. Nah sekarang anda bisa berbelanja cukup lewat internet. Metode pembayarannya beragam, salah satunya pembayaran secara online.

Metode Pembayaran Jual Beli Online 


cara bayar belanja online yang paling sering


Belanja online atau belanja lewat internet sekarang menjadi trend yang terus berkembang baik di usaha kecil menengah maupun industri makro. Ini bisa dilihat dari semakin banyaknya situs-situs belanja online maupun aplikasi toko online yang dapat dipasang di ponsel.

Penjualpun cukup terbantu karena tidak lagi harus mengeluarkan biaya untuk sewa lapak, atau harus keliling menjajakan jualannya yang jalannya becek atau banjir. Itu belum lagi kendaraan mereka rusak. Mereka cukup memanfaatkan aplikasi online shop atau situs toko online di laptop atau di ponsel. Penjual atau pembeli yang bertransaksi secara online bisa melakukan pembayaran

Berkembangnya toko online menyebabkan pola pembayaran transaksi jual beli online menjadi beragam. Bila dibandingkan dijaman dulu dimana pembeli harus mengeluarkan uang tunai untuk membayar lalu dihantui ketakutan karena pelaku kejahatan bisa saja ada dimana-mana untuk mengincar uang, sekarang pola pembayaran transaksi online bisa dikatakan sangat aman. Oleh karena itu, kemudahan bertransaksi online seharusnya bisa membuat siapapun jadi mandiri.

Ada cukup banyak cara bayar belanja online yang digunakan oleh toko online misalnya untuk jual beli mobil bekas di situs seva.id.

Hal ini memang tergantung dari si penjual apakah menggunakan cara X, Y, atau Z. Dengan metode-metode pembayaran belanja online yang digunakan pemilik jualan membuat pembeli tinggal mengikuti metode pembayaran apa yang disediakan penjual di toko onlinenya.

Berikut ini adalah metode pembayaran yang paling tenar atau paling sering digunakan untuk bayar belanja online.

#1 Bayar Belanja Online Via Transfer Bank

Bertransaksi online lewat transfer bank merupakan cara bayar belanja online yang old fashioned atau jadul alias pola lama. Bagi pelaku usaha kecil yang belum melek teknologi, memang sebagian masih menggunakan cara transfer bank ini untuk belanja online. Proses transfer bank bisa dikatakan cukup ribet meskipun sebagian pelaku bisnis masih menggunakan metode ini, karena semuanya masih serba manual dimana pembeli harus mentransfer secara manual, mengecek konfirmasi transfer juga manual, serta mengecek saldo sisa di rekening harus manual. Semuanya masih menggunakan pengisian slip transaksi. Tentu saja ini tidak hemat waktu, karena di sebagian bank sudah menerapkan antrian.


#2 Bayar Belanja Pakai Cek & Western Union (WU)

Pola bertransaksi online atau membayar belanja onlien menggunakan cek dan Western Union bisa dikatakan 11-12 dengan transfer bank, tapi lebih canggih. Metode ini biasanya digunakan oleh pelaku bisnis online seperti Google Adsense, program afiliasi, atau program bayar lewat klik (CPC).

#3 Transaksi Online Lewat Credit Card (Kartu Kredit)

Bayar belanja online lewat Credit Card sangat mudah dilakukan, tapi sangat sukar bayar tagihan bulanannya. Hampir seluruh toko online ataupun program belanja online di dunia seperti Ebay atau Amazon menerima transaksi lewat kartu kredit. Metode ini sangat mudah dilakukan, dimana pemegang kartu kredit cuma dimintai data kartu kredit dan proses bayar belanja online selesai dilakukan. Contohnya ketika beli mobil baru online di Seva.id.

Tapi untuk online shop di Indonesia tidak semuanya menyediakan pembayaran via kartu kredit ini. Ini disebabkan karena berbagai faktor, antara lain tingkat keamanan yang belum terjamin, atau kekhawatiran pihak perbankan dalam memberikan layanan kartu kredit khususnya bagi pelaku usaha yang tingkat perputaran uangnya beresiko macet.

#4 Transaksi Online Melalui Paypal

Paypal akhir-akhir ini cukup tenar di kalangan pebisnis. Di luar negeri transaksi menggunakan Paypal sudah umum dilakukan. Di Indonesia sendiri bertransaksi menggunakan Paypal hanya dilakukan oleh sedikit kalangan, khususnya pebisnis online. Tapi beberapa toko online juga sudah menyediakan Paypal sebagai metode pembayaran belanja online.

Bisa dikatakan Paypal ini cukup mudah digunakan sebagai metode pembayaran belanja online. Ini karena pendaftarannya gratis dan tidak ada biaya bulanan, serta tingkat keamanan cukup tinggi.

#5 Bayar Belanja Online Pakai Kartu Debit Online (Payoneer)

Kartu debit sudah umum digunakan sebagai metode pembayaran, meskipun tidak semua jenis kartu debit disediakan di toko online di Indonesia. Kartu debit dari luar negeri biasanya bisa digunakan untuk bertransaksi online, contohnya Payoneer.

Kartu debit Payoneer bisa digunakan untuk transaksi online, transaksi lewat ATM, atau berbelanja di supermarket.

#6 Bayar Belanja Online Pakai Transfer Online/Internet Banking

Nah, bayar belanja online yang paling mudah dan juga sudah umum digunakan adalah lewat transfer internet banking. Transfer online via internet banking ini sangat mudah, karena tidak perlu ke toko, ke ATM, ke Bank. Cukup dari rumah atau dari kantor maka anda bisa membayar belanja online. Caranya ? cukup memasang aplikasi internet banking di ponsel, atau bisa juga lewat website. Hampir semua toko online di Indonesia menyediakan metode pembayaran via transfer online (internet banking). Ini karena sistemnya sudah terintegrasi dengan sistem dari bank yang bersangkutan.

Lalu yang mana yang paling mudah digunakan untuk bayar belanja online ? Pakai internet banking bisa menjadi opsi untuk menghindari waktu yang terbuang, karena lebih hemat waktu, hemat tenaga, hemat biaya, serta keamanannya lebih terjamin. Tapi dengan syarat anda harus menjadi nasabah bank dulu.

Baca Juga :

Ok sobat enterpreneur, itulah ulasan kali ini tentang Ragam Cara Bayar Belanja Online. Bagi pelaku usaha kecil menengah yang ingin membeli bahan dan alat untuk produksi, dapat memilih belanjaan dan bertransaksi online menggunakan metode yang disediakan oleh toko online tersebut. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url